by

9 Planet dan 12 Zodiak Dalam Vedic Astrology

Dalam Vedic Astrology yang merupakan sebuah sistem astrologi timur yang berasal dari India, dikenal 9 planet yang termasuk di dalam tata surya kita, yang dijadikan obyek untuk dicermati atas pengaruhnya terhadap manusia di muka bumi.

Selain itu Vedic astrology juga memperhitungkan pengaruh dari 12 Zodiac atau konstelasi bintang. Setiap zodiac memilik karakteristik dan impactnya sendiri terhadap kehidupan manusia, termasuk mempengaruhi karakter orang yang dilahirkan dibawah pengaruhnya. Hal ini termasuk sifat negatif dan positifnya.

Sembilan planet menurut Vedic Astrology adalah:

  • Matahari: Matahari dipercaya sebagai pusat di tata surya kita, karena seluruh planet dalam tata surya ini bergerak mengelilinginya dan tanpa Matahari kehidupan tidak akan bisa tumbuh dan berkembang, terutama di tata surya kita.
  • Bulan: Satelit bumi ini dianggap sebagai ratu dalam tata surya kita karena posisisinya yang sangat dekat dengan Bumi sehingga pergerakan bulan berpengaruh sangat besar terhadap kehidupan di bumi. Bulan dianggap merepresentasikan kesadaran manusia yaitu pikiran dan perasaan.
  • Merkurius: Planet yang paling dekat dengan Matahari, digambarkan sebagai pangeran dalam tata surya kita. Planet ini melambangkan kemampuan intelektual, komunikasi dan perdagangan.
  • Venus: Planet yang melambangkan relationship baik terhadap pasangan atau terhadap lingkungan sosial serta partnership dalam hubungan bisnis, hubungan romantis dan kemampuan mendapatkan kemewahan dalam hidup
  • Mars: Planet yang melambangkan kemampuan bertahan hidup atau survival, dan kekuatan untuk memperjuangkan tujuan hidup atau purpose of life.
  • Jupiter: Dianggap mewakili pengetahuan dan pendidikan tinggi, serta kebjaksanaan. Jupiter juga salah satu planet yang diperhitungkan sebagai planet yang mendatangkan keberuntungan.
  • Saturn: Planet yang melambangkan karma seseorang dimana Saturnus adalah planet yang akan memicu berbuahnya karma orang tersebut entah karma baik atau buruk. Planet ini juga bisa dipergunakan untuk melihat perkembangan karir seseorang dalam pekerjaan.
  • Rahu: Adalah planet yang memiliki hubungan dengan karma juga, dimana planet ini menggambarkan karma yang belum terselesaikan. Rahu bukanlahmerupakan planet yang ada secara fisik, akan tetapi merupakan titik-titik terjadinya gerhana matahari.
  • Ketu: Sama seperti Rahu, Ketu adalah titik-titik terjadinya gerhana akan tetapi Ketu melambangkan titik terjadinya gerhana bulan. Ketu juga mewakili karma akan tetapi efeknya lebih ke arah perwujudan spiritualitas.
Baca Juga  Cara Membuat Telur Gulung Bihun yang Enak dan Gampang

Tipe Zodiac dibagi 2 jenis yaitu fixed dan movable sign atau yang bersifat bergerak atau tetap.

Movable sign adalah Aries, Cancer, Libra dan Capricorn yang mewakili sifat aktif, mudah beradaptasi, bergerak, berubah, cepat, bereformasi, kurang puas, mandiri dan fleksibel dalam meraih tujuan.

Fixed sign adalah Taurus, Leo, Scorpio dan Aquarius. Mereka mewakili temperamen yang keras kepala, kaku, stabil, kalem, lambat tapi pasti.

Ada satu lagi sifat Zodiac yang mencerminkan sifat dual yang merupakan campuran dari kedua sifat diatas. Movable zodiac bersifat suka belajar, filosofis, tertarik pada bidang literasi seperti membaca dan menulis, pandai berkomunikasi. Mereka terbuka terhadap ide-ide lain, suka multitasking dan menjelajah berbagai macam pilihan. Dual sign ini di wakili oleh Gemini, Virgo, Sagittarius dan pisces.

Demikian sembilan planet dan 12 Zodiak dalam Vedic astrology, Video dibawah ini akan menjelaskan Vedic astrology secara singkat:

vedic astrology indonesia

News Feed