by

Arti Angka 8 dalam Kebudayaan Tionghoa

Sudah sejak lama, budaya, kepercayaan, dan nilai yang dianut masyarakat Tionghoa dikenal dengan kekayaan filosofinya yang menarik dan mengagumkan. Bahkan, kebudayaan Tiongkok yang mengalir dalam darah warga Indonesia bersuku Tionghoa memang masih terbilang kental. Kebudayaan ini termasuk kepercayaan-kepercayaan unik, salah satunya adalah peran penting angka.

Aspek keberuntungan dan kesialan selalu dikaitkan dengan angka-angka yang digunakan saat membeli rumah, memilih nomer telepon, menentukan tanggal pernikahan sampai nomer kendaraan bermotor. Makna angka begitu diperhatikan dalam momen-momen penting karena dipercaya setiap angka memiliki makna dan arti tersembunyi.

Salah satu angka yang dipercaya membawa hoki atau keberuntungan ialah angka delapan. Jika kamu sering mendengar bahwa angka sembilan adalah angka istimewa, maka angka delapan ini diyakini dapat membawamu dalam kesuksesan.

Untuk lebih jelasnya, Fimela.com telah merangkum arti angka delapan dalam kebudayaan Tionghoa yang dilansir dari beragam sumber. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Sejarah Makna Angka 8 dalam Kebudayaan Tionghoa

Bagi masyarakat Tionghoa, angka delapan dimaknai sebagai angka keberuntungan. Dalam bahasa Mandarin, angka delapan dilafalkan dengan Ba (八) yang sangat mirip dengan Fa yang berarti kemakmuran.

Masyarakat Tionghoa memaknai angka ‘8’ sebagai pembawa rezeki dan hoki dengan filosofi bentuk angka delapan yang seakan tidak ada putusnya. Bentuk yang tidak berujung ini diharapkan dapat membawa kesuksesan yang terus mengalir tanpa henti dan tidak berkesudahan.

Arti angka delapan juga turut memengaruhi dunia bisnis dan usaha karena para pelaku bisnis di China biasanya menggunakan angka delapan sebagai akhiran nomor rekening di bank, plat kendaraan, nomor rumah, dan lain-lain. Tidak hanya itu, masyarakat China juga rela membayar lebih agar bisa memiliki nomor telepon genggam dengan akhiran angka delapan.

Baca Juga  Fungsi Balon Sablon dan Kegunaannya

Kecintaan masyarakat China terhadap angka delapan juga tampak jelas pada olimpiade yang digelar di Beijing pada sembilan tahun silam. Acara pembukaan olimpiade ini diadakan pada 8 Agustus 2008, yang secara tertulis menjadi 08-08-08 pada jam delapan lewat delapan menit lewat delapan detik (08.08.08).

Sementara itu, para ahli fengshui China juga menuturkan bahwa angka delapan memang merupakan angka terkuat uang mewakili unsur tanah. Jika melibatkan angka delapan dalam urusan sehari-hari, maka keberuntungan akan selalu menghampirimu. Tidak heran jika angka delapan memegang peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat Tionghoa.

Selain angka delapan masyarakat Tionghoa juga mempercayai angka satu dan enam sebagai angka keberuntungan. Sedangkan untuk angka yang amat dihindari adalah angka empat, karena dipercaya sebagai angka kematian dan pembawa sial.

 

Sebelum lanjut  , khusus nya buat para bettor yang sedang mencari angka jitu melalui angk keberuntungan . Rekomendasi saya silahkan kesini ” namatoto ” atau ” result totomacau ”

Macam-macam Arti Angka 8 yang Menarik untuk Diketahui

Setelah mengetahui sejarahnya, sekarang saatnya kamu mengenal macam-macam arti angka delapan yang selalui dikaitkan dengan hal-hal yang baik, berikut artinya:

1. Sebagai angka genap, delapan diyakini dapat membawa nasib baik.
Dalam kebudayaan TiongHoa, angka genap diyakini dapat membawa nasib baik. Tentu saja hal ini ada filosofinya, angka genap selalu dilambangkan dengan keselarasan. Biasanya dalam membuat persembahan (prosesi doa) barang-barang wajib sepasang. Seperti dua buah lilin, boneka pasangan, sampai bantal pasangan saat pernikahaan. Keselarasan yang dimaksud adalah saling melengkapi dan mengisi satu sama lain.

Sementara itu angka enam dalam bahasa Mandarin dibaca “Liu” yang secara harafiah dapat diartikan sebagai ‘kelancaran’. Oleh karena itu, angka enam juga dipercaya sebagai angka yang bisa memuluskan rencana bahkan hidup kita.

Baca Juga  Jual Rumput Sintetis Bekasi Untuk Sarana Olahraga

2. Angka delapan dianggap sebagai angka ‘hoki’.
Angka delapan dalam bahasa Mandarin dibaca “Ba (pa)” yang selaras dengan kata “Fa (Fuk)” yang berarti harta dan nasib baik. Maka, tidak heran kalau delapan menjadi yang ‘terhoki’ bagi warga Tionghoa. Dipercaya kalau angka delapan membawa keberuntungan, rezeki, karma baik, serta kesuksesan.

3. Selain angka genap, angka-angka ganjil juga bisa dianggap sebagai angka keberuntungan.
Tidak hanya angka genap yang membawa keberuntungan, angka ganjil juga bisa membawa hoki. Namun, bukan hoki secara materil, tapi spiritual. Terutama angka tiga yang dipercaya melambangkan Buddha.

Para penganut agama Buddha pun percaya bahwa berdoa dengan sujud tiga kali menunjukkan penghormatan pada Buddha. Selain itu juga sebagai cara untuk menghilangkan kesialan dengan tiga batang dupa.

Selain tiga, angka tujuh juga menandakan kesucian dan keagungan Buddha. Namun, sering juga diartikan sebagai permintaan atas keberuntungan. Kemudian, ada pun nomer sembilan yang berarti panjang umur dan kelanggengan hubungan asmara.

Jadi, apakah kamu percaya bahwa angka delapan bisa membawa keberuntungan ?

News Feed