by

Bagaimana Supaya Suka Sama Matematika?

-Informasi-42 views

Matematika Wajib maupun peminatan boleh dibilang merupakan salah satu mata pelajaran paling tidak disukai murid-murid di sekolah. Stempel sebagai mata pelajaran yang tidak bersahabat dan sulit dikuasai mungkin sudah ada pada pikiran para siswa bahkan sejak mereka masih berada di bangku pendidikan dasar.

Beberapa dari mereka baru mulai tidak suka ketika mulai duduk di bangku sekolah menengah ketika materi matematika menjadi lebih rumit. Beberapa lagi baru merasa tidak suka saat berada di sekolah menengah atas terutama setelah mengenal rumitnya menangani soal-soal trigonometri. Begitulah, ada banyak alasan untuk tidak suka matematika.

Padahal, ketidaksukaan tersebut justru dapat merugikan siswa sendiri. Dengan tidak menyukainya, mereka pun sudah sedari awal menolak untuk mempelajarinya. Padahal, siapa tahu, sebenarnya matematika tidak serumit itu. Karenanya, berikut adalah beberapa hal yang bisa dicoba supaya jadi suka matematika.

Cari Guru Matematika yang Tepat

Beberapa dari kita tidak suka matematika mungkin bukan karena tidak suka dengan matematikanya melainkan dengan siapa yang mengajarkannya. Beberapa guru matematika memang terkenal galak dan tidak segan untuk menghukum murid yang tidak lekas paham.

Oleh sebab itu, menemukan guru matematika yang tepat adalah kunci awal. Guru di sini tidak sebatas bermakna orang yang mengajar di kelas seja melainkan juga termasuk kakak di rumah, orang tua, guru les, atau guru dari aplikasi bimbel online.

Jangan Dengarkan Kata Orang

Ada juga orang yang tidak suka matematika karena terpengaruh oleh pendapat di sekitarnya. Hal ini tentunya jangan sampai terjadi pada diri kita. Alangkah baiknya untuk mencoba mengenalnya sendiri sebelum memutuskan suka atau tidak. Jangan termakan begitu saja oleh pendapat orang lain.

Baca Juga  Proses Penukaran Ion Pada Pengolahan air baku industri

Matematika Bermanfaat Bagi Kehidupan Sehari-hari

Pola pikir ini bisa diterapkan supaya kita jadi makin tertarik untuk mempelajari matematika. Tentu saja bukan hal yang mudah untuk melakukannya terlebih lagi jika kita sudah sejak kecil beranggapan bahwa matematika tidaklah menyenangkan.

Dalam hidup sehari-hari, disadari atau tidak, kita selalu menggunakan matematika. Misalnya dalam berargumen jika-maka atau silogisme. Ada penerapan matematika di situ.

Demikian sedikit artikel tentang bagaimana supaya menyukai mate palajaran matematika. Mudah-mudahan bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan berikutnya.

News Feed