by

Bagian Daging Sapi Untuk Membuat Bakso Urat Agar Tidak Salah Pilih!!

Bakso merupakan salah satu makanan berbahan dasar daging yang selalu menjadi comfort food bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Tekstur bakso yang kenyal menjadi daya tarik tersendiri dari hidangan ini. Salah satu kunci tekstur bakso yang sempurna adalah memilih bagian daging yang tepat, karena tak semua tekstur bagian sapi cocok untuk diolah menjadi beberapa hidangan. Yuk cari tahu bagian daging sapi untuk membuat bakso urat.

Bagian daging sapi untuk membuat bakso urat ada berbagai macam diantaranya :

bagian daging sapi untuk membuat bakso urat

1. Shank

Shank merupakan bagian yang berasal dari kaki atas sapi. Terdiri dari daging yang membalut tulang kering yang mengandung sumsum. Pada umumnya bagian ini sangat cocok dijadikan sebagai bahan kuah bakso karena akan menambahkan cita rasa gurih. Namun membuat bakso dengan daging yang melekat pada tulang ini akan membuat bakso makin empuk dan lembut karena tekstur dagingnya menghasilkan lemak.

2. Chuck atau Sampil

Bagian ini terletak pada di atas paha depan dan terdiri dari bagian leher, tulang belikat dan lengan atas paha sapi. Memiliki tekstur daging yang kenyal, kasar dan cukup berurat sehingga dapat memberikan tekstur sempurna untuk diolah menjadi bakso urat.

3. Brisket

Brisket atau sandung lamur merupakan bagian sapi yang berasal dari bagian dada bawah sapi. Kandungan lemak tinggi pada daging brisket menjadikan bagian ini sangat nikmat untuk diolah menjadi bahan olahan hidangan bakso.

4. Tetelan

Tetelan merupakan daging-daging yang menempel pada bagian tulang. Umumnya daging yang menempel ini memiliki komposisi serat otot dan tekstur yang kenyal sehingga sangat cocok diolah menjadi bakso urat.

Selain ada bagian daging sapi untuk membuat bakso urat, ada juga bagian-bagian daging yang perlu kamu ketahui untuk membuat bakso yang lainnya, diantaranya :

  1. Untuk pembuatan bakso sapi halus, gunakan daging limas/tanjung/rump. Bagian paha belakang dari sapi ini merupakan bagian terbaik untuk pembuatan bakso sapi karena bagian tersebut minim dari otot dan lemak. Sehingga hasilnya pun akan terasa lembut, kenyal, dan kres.
  2. Untuk pembuatan bakso kasar dan bakso urat, gunakan daging sapi bagian sengkel/daging kisi. Bagian ini terdapat urat-urat yang akan membuat tekstur bakso menjadi kasar.
  3. Pilihlah daging-daging berkualitas dan masih segar/hangat. Cirinya, warna daging masih terlihat merah segar (tidak pucat atau kehitaman), teksturnya pun terasa kenyal, mengkilat, dan licin pada permukaannya. Selain itu, daging berkualitas juga memiliki aroma segar yang khas dan tidak tercium sedikit pun bau busuk yang menyengat.
  4. Jika ingin membuat olahan bakso yang gurih dan lezat, Anda bisa memilih daging tetelan atau daging kasaran. Namun perlu diingat, hitunglah komposisi daging ini sebelum Anda menggunakannya sebagai bahan campuran.
  5. Untuk bakso ayam, gunakan fillet dari bagian dada ayam yang masih baru agar hasilnya lebih kenyal dan lezat. Cirinya, daging terasa lembab (tidak lengket), aroma segar khas ayam pun masih tercium, dan warnanya cerah putih kekuningan.
  6. Untuk bakso ikan, gunakan ikan segar yang kandungan airnya minim dan dagingnya putih, berserat halus dan padat seperti tenggiri atau tuna. Ciri ikan segar dapat ditandari dari tekstur dagingnya yang kenyal, insang masih terlihat merah dan segar, serta matanya yang menonjol.
  7. Untuk bakso udang, pilih daging udang berukuran besar dan segar. Udang yang besar akan menghasilkan bakso yang lebih banyak. Ciri udang segar dapat dilihat dari kulit dan kepalanya yang masih melekat kuat pada baadan udang. Kulitnya juga cenderung berwarna bening dan kencang, serta aromanya yang tidak terlalu amis. Sebelum diolah, buanglah kotoran udang yang terdapat pada punggungnya.
  8. Cara lain untuk membuat bakso terasa lebih kenyal adalah menggunakan bahan tambahan seperti food grade STPP (Sodium Trypoliphosphat), atau bubuk rumput laut dan putih telur. Hindari penggunaan bahan tambahan seperti borak, pijer, obat puli, obat lontong, atau formalin. Pasalnya, bahan-bahan ini dapat membahayakan kesehatan Anda
Baca Juga  Slot Pragmatic Bet Murah Yang Paling Banyak Bonus Probet88

News Feed