by

Berikut Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Lupa Menunaikan Zakat Fitrah

Menunaikan zakat fitrah di bulan Ramadhan adalah tidak benar satu kewajiban yang harus dilakukan oleh umat muslim. Zakat fitrah merupakan jadi bentuk ketaatannya kepada Allah SWT dan kepedulian terhadap sesama.

Kewajiban membayar zakat fitrah tercantum di dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim yang berbunyi:

“Rasulullah SAW udah mewajibkan zakat fitrah sebanyak satu sha’ kurma atau gandum kepada hamba sahaya, orang merdeka, laki-laki dan wanita, anak-anak dan orang dewasa. Ia menyuruh menunaikannya sebelum akan orang-orang muncul untuk salat Idul Fitri.”

Dalam Fathul Qarib, dijelaskan bahwa ada tiga keadaan yang mengharuskan seseorang untuk membayar zakat fitrah.

-Pertama, harus beragama islam.

-Kedua, memasuki kala harus berzakat fitrah, yaitu terhadap akhir bulan Ramadhan.

-Ketiga, memiliki makanan pokok di luar kebutuhannya.

Setiap manusia tak luput berasal dari kesalahan. Tentu lumrah jika kita kadang waktu melakukan suatu hal yang harus dilakukan, termasuk membayar zakat fitrah. Lantas, bagaimana jika kita lupa membayar zakat fitrah?

Direktur Utama Badan Amil Zakat Nasional, Arifin Purwakananta, menjelaskan bahwa umat islam yang lupa membayar zakat fitrah diwajibkan membayar sedekah atas kelupaannya tersebut. Orang yang lupa meraih ampunan Allah SWT, maka jika lupa, sebaiknya segera dibayarkan berwujud sedekah.

Menyegerakan membayar zakat fitrah kala teringat jika seseorang lupa, haruslah dilakukan. Pasalnya, zakat fitrah merupakan kewajiban yang harus dilakukan terhadap kala Ramadhan dan tidak bisa di kala lain.

Namun, jika seseorang sengaja tidak membayar zakat fitrah, ia mengetahui bakal berdosa dikarenakan udah melalaikan perintah Allah SWT.

Baca Juga  Promo Mitsubishi Motors Juni 2020, Xpander Hingga Pajero Bunga 0%

News Feed