by

Cara Memasak Sop Daging Sapi Spesial dan Istimewa

Halo para readers! Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara memasak sop daging sapi spesial dan tentunya istimewa. Saya juga akan membagikan beberapa hal mengenai sop daging sapi spesial, jadi pastikan kalian menyimak artikelnya sampai habis ya!

Cara Memasak Sop Daging Sapi Spesial

Sop Daging Sapi Spesial

Dari sekian banyak resep sop, sop daging sapi adalah pilihan paling populer bagi kebanyakan orang. Apalagi saat hujan, udara dingin atau kita sedang sakit, kita membutuhkan makanan yang hangat dan bergizi.

Selain enak dan bergizi, sop ini juga mudah disiapkan. Memang sudah tidak diragukan lagi bahwa sop daging dengan kelezatan dan nilai gizinya menjadi salah satu makanan yang wajib ada di setiap dapur rumah.

Ada dua kunci utama dalam pembuatan sop daging sapi spesial. Kunci pertama sop daging sapi adalah daging sapi itu sendiri, kita perlu memasak daging sapi sampai teksturnya lembut dan pas. Kunci kedua adalah kuah kaldunya.

Jangan memasak kaldu terlalu lama. Karena jika proses memasaknya terlalu lama, kuahnya akan kering dan rasanya akan terlalu asin, sedangkan jika terlalu cepat maka daging sapi tidak akan menjadi empuk.

Sop daging sapi spesial ini sangat cocok dinikmati ketika udara dingin atau hujan. Disajikan panas, ditambah nasi putih yang masih hangat, tentunya akan menghangatkan tubuh dan mengisi ulang tenaga.

Karena sop daging sapi memiliki kandungan vitamin, mineral dan serat yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Sop daging sapi ini cocok untuk orang yang sedang sakit atau dalam masa pemulihan.

Rasanya yang hangat dan menyegarkan, dan tentunya kandungan nutrisi yang beragam dapat membantu membuat keluarga atau orang tersayang yang sedang sakit menjadi lebih baik.

Baca Juga  China Meluncurkan Platform Explorasi Minyak Terbesar di Dunia

Yang membuat sop daging sapi kali ini spesial adalah penggunaan bahan dan bumbunya. Untuk bahan dan bumbunya kita menggunakan rempah seperti jinten, pala, dan jahe. Rempah – rempah ini nantinya akan menambah citarasa kuah kaldu dan menciptakan aroma khas yang bisa meningkatkan nafsu makan.

Lalu untuk dagingnya kita menggunakan daging sengkel. Daging sengkel adalah daging yang ada di bagian atas depan kaki sapi. Daging ini memiliki tekstur yang cenderung sedikit alot dan biasanya digunakan sebagai bahan baku soto atau bakso urat.

 

Cara Memasak Sop Daging Sapi Spesial

Tidak sulit untuk membuat sop daging sapi. Namun jika ada kesalahan saat memasak, rasanya bisa hambar atau bahkan asin.

Kesalahan yang biasanya dilakukan adalah waktu memasak yang kurang tepat. Jika waktu memasak terlalu lama, kuah akan menjadi kering dan asin. Namun jika terlalu cepat, tekstur daging akan menjadi keras dan bumbunya tidak meresap ke dalam daging.

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan :

  • Daging sapi sengkel (1/2 kg)
  • Wortel impor, kupas dan potong-potong (2 buah)
  • Kentang sedang, kupas potong dadu (2 buah)
  • Tomat merah, potong jadi enam bagian (1 buah)
  • Daun bawang, potong-potong (1 batang)
  • Daun seledri, potong-potong (1 batang)
  • bawang goreng untuk pelengkap (secukupnya)

Bumbu :

  • Bawang merah yang sudah iris tipis (6 siung)
  • Jinten (1/4 sendok teh jinten)
  • Pala yang sudah diparut (1/4 pala parut)
  • Merica bubuk (1/2 sendok teh)
  • Jahe yang sudah memarkan (2 cm jahe)
  • Garam dan gula (secukupnya)

Cara membuat :

  1. Pertama, siapkan panci presto, kemudian masak presto daging sengkel selama 15 menit agar empuk. Jika sudah dingin, angkat dagingnya dan potong kotak atau sesuai selera. Saring kaldu dari bekas presto untuk bahan kuah nanti.
  2. Siapkan panci bersih dan tuangkan air kaldu secukupnya.
  3. Siapkan wajan dan panaskan minyak, tumis bawang merah yang sudah diiris hingga kecoklatan. Jika sudah angkat dan segera masukkan ke dalam panci berisi air dan kaldu.
  4. Kemudian masukkan irisan daging sapi ke dalam panci dengan air dan kaldu dan masak sampai mendidih.
  5. Tambahkan pala parut, jinten, merica bubuk, jahe parut, dan garam secukupnya.
  6. Tambahkan kentang dan tunggu setengah matang, diikuti wortel dan tunggu semua sayuran matang.
  7. Setelah Anda menambahkan tomat dan daun bawang, aduk rata sampai daging matang dan empuk.
  8. Angkat sup dan tuangkan ke dalam mangkuk saji dan sajikan dengan nasi hangat dan voilaa!!! sop daging sapi siap dinikmati.
Baca Juga  Bagaimana Bisnis Pemesanan Hotel Online Seperti RedDoorz Dan Airy?

Nah, itu tadi adalah cara memasak sop daging sapi spesial, sekarang kalian bisa mencoba membuatnya dirumah, kalian juga bisa membaca Cara Membuat Sop Tulang Sapi yang Maknyuss dan Istimewa kalau kalian tertarik untuk membuat resep lainnya.

Baiklah, cukup sampai disini dulu untuk artikel “Cara Memasak Sop Daging Sapi Spesial dan Istimewa”, jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel lainnya, selamat mencoba dan sampai jumpa di postingan selanjutnya, peace out! ✌

News Feed