by

Cara Membuat Adonan Kue Balok Sekaligus Kuenya

Halo sohib-sohib semua, pada artikel kali ini saya akan menunjukkan kepada teman-teman semua cara membuat adonan kue balok sekaligus kuenya. Sohib sekalian juga tidak perlu khawatir tentunya karena langkah dan caranya dibuat sesingkat dan semudah mungkin.

Namun sebelum itu, saya tidak akan langsung membahas ke pembahasan utamanya. Melainkan saya akan membahas beberapa hal tentang atau seputaran kue balok ini terlebih dahulu agar sohib-sohib sekalian lebih tahu tentang hal yang berkaitan dengan kue ini, hehe.

Langsung saja tanpa perlu lagi ada kata beserta dengan banyak basa-basi lagi, kita langsung masuk ke pembahasan dari hal seputaran mengenai kue balok.

Kue Balok

cara membuat adonan kue balok

Seperti namanya, kali ini kue yang dimaksud berbentuk balok dan banyak disukai orang. Hidangan kue balok ini sudah ada sejak zaman dahulu kala, saat Indonesia masih di bawah penjajahan Belanda.

Mereka menjadikannya sebagai salah satu menu favorit mereka untuk disajikan sebagai makanan Belanda, snack atau cemilan.

Selain itu, kue balok ini juga berubah seiring waktu. Jika kue balok sebelumnya memiliki konsistensi yang keras. Berbeda dengan kue blok saat ini, biasanya rapuh dan memiliki konsistensi yang lembut dan hampir seperti kue bolu pada saat yang sama.

Kue ini juga sempat hampir berganti nama menjadi kue robur pada tahun 60-an, mungkin karena dukungan bus di Indonesia saat itu. Saat itu, mobil bus tersebut bentuknya mirip kue balok dan mobil bus dengan merek Robur berasal dari Jerman Timur.

Namun istilah kue Robur dihilangkan karena banyak orang dan golongan masyarakat yang mengetahui dan mengetahui nama kue balok dibandingkan dengan nama tersebut.

Kue ini disebut banyak orang sebagai kue modern, karena selain rasanya yang enak, kue ini ada beberapa versi. Salah beberapa jenis kue balok paling populer yakni stroberi, pisang, korek api, tiramisu, melon.

Baca Juga  Mengurangi Limbah Rumah Tangga Supaya Lingkungan Tetap Terjaga

Cara Membuat Adonan Kue Balok Sekaligus Kuenya

cara membuat adonan kue balok

Sebelumnya saya telah membahas bersama sohib-sohib sekalian tentang seputaran kue baloknya. Pada kali ini, saya tahu cara membuat adonan kue balok sekaligus kuenya yang bisa sohib sekalian buat di rumah kalian sendiri.

Langsung saja tanpa perlu lagi ada kata beserta dengan banyak basa-basi lagi kita langsung masuk ke pembahasan mengenai cara membuat adonan kue baloknya

Bahan-bahan:

250 gram cokelat hitam atau cokelat batangan
150 gram margarin (bisa juga menggunakan mentega sebagai alternatif)
120 gram tepung terigu (tanpa merk)
50 gram coklat bubuk (bisa bebas pakai Chocolatos, Milo, Ovaltine dan merk apapun)
160 gram gula pasir
1/2 sdt vanili bubuk (bisa pakai merk apa saja)
1/2 sdt baking powder (tanpa merk apapun)
1/2 sendok teh sp
4 butir telur

Langkah-langkah membuat:

  1. Pada langkah pertama, sohib sekalian bisa melelehkan dark chocolate dengan margarin menggunakan teknik tim dan kemudian aduk hingga cokelat meleleh.
  2. Setelah cokelat meleleh, dinginkan hingga suhu kamar atau suhu kamar.
  3. Selanjutnya siapkan semua bahan kering, lalu campurkan tepung terigu, baking powder, vanili bubuk, coklat bubuk.
  4. Kemudian, kocok telur bersama gula pasir dan SP sampai semuanya tercampur rata dan berwarna putih pucat.
    Jika berwarna putih pucat, tambahkan bahan kering dan aduk hingga adonan tercampur rata.
  5. Selanjutnya, kalian bisa menambahkan cokelat leleh tadi dan mengaduknya secara terbalik hingga semuanya merata, dan tidak menggunakan blender pada tahap ini.
  6. Langkah selanjutnya, sohib sekalian bisa memanggang dan memanaskan cetakan kue. Pastikan untuk mengolesi cetakan dengan margarin terlebih dahulu.
  7. Saat panas, tuangkan campuran ke dalam panci dan masak selama sekitar 5-8 menit, pastikan untuk menutupi cetakan kuenya juga.
  8. Setelah itu, jika adonan sudah siap dan matang, kalian bisa mengangkatnya dan mensajikan kuenya.
Baca Juga  Keuntungan Liburan Dengan Sewa Bus

Demikian lah artikel kali ini yang membahas mengenai cara membuat adonan kue balok sekaligus kuenya yang mungkin bisa bermanfaat untuk sohib-sohib sekalian.

Kalian juga jangan lupa ya, untuk mengunjungi artikel lainnya yang ada di website atau situs ini ya !, karena pembahasannya juga ga akan kalah menariknya dengan yang disini. Sampai bertemu lagi and see u in another article guys !.

News Feed