by

Cara Membuat Cocofiber Yang Mempunyai Nilai Ekonomis, Mudah Lho!

Cara membuat cocofiber sebenarnya tidaklah sulit, karena prosenya hanya memisahkan antara serabut kelapa dan kulit nya. Jika Anda mampu membuat cocofiber dengan cara yang benar, maka Anda akan bisa mendapatkan peluang usaha yang bagus. Peluang usaha di bidang ini cukup terbilang sangat menggiurkan. Lalu cocofiber itu apa sih, sehingga mampu menghasilkan peluang usaha yang menggiurkan?.

Cocofiber merupakan serat dari sabut kelapa yang sudah melalui proses penggilingan. Bentuk dari cocofiber ini seperti rambut panjang, dan biasanya mempunyai warna kuning keemasan atau berwarna coklat. Cocofiber atau serat sabut kelapa adalah hasil dari olahan kelapa yang menghasilkan serat sabut yang memiliki banyak manfaat.

Lalu bagaimanakah cara membuat cocofiber yang memiliki banyak manfaat ini? yuk simak dibawah ini!

Cara Membuat Cocofiber Yang Bisa Dijadikan Sebagai Peluang Usaha

cara membuat cocofiber

Agar menghasilkan cocofiber dengan kualitas yang baik, maka simaklah beberapa cara membuat cocofiber berikut ini.

Syarat Bahan Baku Untuk Cara Membuat Cocofiber:

  • Bahan baku yang digunakan haruslah basah
  • Sabut kelapa yang digunakan harus masih segar dengan ciri kulit yang masih tampak hijau
  • Kelapa tidak keropos
  • Tidak menggunakan bahan sabut kelapa degan
  • Sabut kelapa diambil dari jenis kelapa yang digunakan untuk kopra, minyak atau untuk santannya

Proses Cara Membuat Cocofiber Yang Benar :

  1. Siapkan sabut kelapa yang sudah dalam kondisi basah.
  2. Kemudian masukkan sabut kelapa ke dalam mesin dekomposisi, sampai cocofiber dan cocopeat benar-benar dipisahkan.
  3. Setelah cocopeat dan cocofiber terpisah, keringkan cocofiber selama kurang lebih 30 menit (cukup diangin-anginkan saja) dan lakukan pembalikan cocofiber secara merata.
  4. Cocofiber press dengan bentuk bal, simpanlah pada saat dalam kondisi kering, atau ditutup menggunakan kayu.
  5. Setelah itu cocofiber pun siap untuk diekspor.
Baca Juga  Arum Manis Kemasan Cup Mempunyai Banyak Penggemar

Manfaat dan Kelebihan Dari Cocofiber

Di masa kini, cocofiber banyak dipilih untuk digunakan sebagai penutup media tanam. Hal ini karena cocofiber lebih aman dan jauh lebih baik dari karang. Cocofiber juga mampu untuk membuat tampilan tanaman menjadi lebih rapi dan bersih, serta masih banyak lagi manfaat lainnya, berikut adalah manfaat dan kelebihan dari cocofiber :

  • Cocofiber memiliki kandungan 18% kalium, fosfor, magnesium, kalsium, natrium dan beberapa kandungan mineral lainnya yang sangat baik bagi pertumbuhan tanaman.
  • Tekstur dari cocofiber lebih ringan dan tidak akan membuat media tanam menjadi keras.
  • Memiliki tingkat keasaman (pH) yaitu sekitar 5,5 hingga 6,5.
  • Bisa menyerap air dengan baik dan mampu untuk menyimpan cadangan air untuk tumbuhan.
  • Lebih mudah dalam proses menyiram tanaman, karena tidak harus khawatir dengan media tanam yang
    terciprat ke area sekitarnya.
  • Cocofiber bebas dari bakteri dan jamur, serta tidak akan berlumut atau berubah menjadi kekuningan.
  • Olahan sabut kelapa cocofiber merupakan olahan yang lebih aman, ramah lingkungan, dan minim polusi.
  • Bisa menyerap cairan, minyak dan kotoran hewan dengan baik.
  • Mampu untuk dipakai sebagai sumber pupuk KCL, media tanam gambut dan sphagnum.dll

Contoh Beberapa Macam Produk Dari Cocofiber

Berikut ini adalah beberapa contoh produk olahan dari cocofiber yang bisa Anda simak.

Kasur Sabut Kelapa

Produk dari cocofiber yang pertama adalah kasur. Ya, kasur sabut kelapa ini merupakan kombinasi dari sabut kelapa dan juga karet lateks yang menciptakan produk dengan kualitas tinggi. Kasur ini berkualitas tinggi karena sudah tidak lagi menggunakan pegas, kasur sabut kelapa dan karet ini sangat fleksibel dan empuk alami dari hasil proses pengeritingan serat serabut kelapa. Keunggulan lain dari kasur ini adalah anti bakteri, dan juga waterproof .

Baca Juga  Apa Kelebihan Dari Konsep Desain Rumah Tropis ?

Keset

Tentunya kita pasti sudah tidak asing dengan produk yang satu ini yaitu keset sabut kelapa. Keset dari bahan cocofiber ini memang sudah banyak digunakan sejak jaman dahulu. Keset ini bisa membersihkan kaki lebih baik, karena serat kelapa nya bisa menjangkau sela-sela jari kaki. Selain itu, warna dari keset ini juga tidak akan cepat kotor maupun pudar seperti keset dari jenis bahan kain.

Cara membuat keset dari cocofiber ini juga terbilang cukup mudah. Jika Anda bisa membuat keset dari sabut kelapa maka Anda akan menciptakan sebuah peluang usaha yang sangat bagus.

Pot Tanaman

Cocofiber saat ini memang sudah cukup banyak digunakan sebagai penutup media tanam. Bahan ini memiliki kemampuan untuk menyerap dan menyimpan cadangan air yang lebih baik serta terbebas dari lumut maupun jamur.

Selain digunakan untuk penutup media tanam, ternyata cocofiber ini juga bisa menarik perhatian pencinta tanaman lainnya dengan bisa dijadikan sebagai sebuah pot. Dengan menggunakan pot dari sabut kelapa ini akan memberikan sebuah kesan yang natural dan membawa ke suasana alam yang kuat.

Ini Dia Olahan Sabut Kelapa Yang Juga Sangat Bermanfaat Untuk Tanah

Cocomesh jaring sabut kelapa

Selain cocofiber yang mempunyai banyak manfaat, ternyata masih ada lagi hasil olahan dari serabut kelapa yang juga memiliki banyak manfaat. Hasil olahan sabut kelapa ini adalah cocomesh atau yang biasa dikenal juga dengan nama jaring sabut kelapa. Cocomeh mempunyai bentuk seperti jaring raksasa. Manfaat dari cocomesh ini adalah mencegah terjadinya erosi, membantu untuk proses reklamasi suatu lahan tambang pantai atau pun hutan, dan juga bisa dimanfaatkan untuk penguatan tanah.

Pemanfaat cocomesh untuk menghijaukan kembali lahan bekas tambang atau hutan yang sudah gundul memang sudah terbukti sangat efektif. Cocomesh juga memiliki sifat menyimpan air yang sengan waktu yang lama sehingga lahan yang sudah tertutupi dengan cocomesh pasti akan terjaga dengan baik kelembapannya.

Baca Juga  Struktur Hidrolik Perangkat Utama

Untuk menemukan yang jual cocomesh di Indonesia saat ini bisa dicari di toko toko yang menjual olahan sabut kelapa, atau anda juga bisa mencarinya di berbagai website atau di online store yang terpercaya. Banyaknya orang yang memproduksi dan jual cocomesh di masa kini, dikarenakan di Indonesia masih banyak lahan yang gersang dan lahan bekas pertambangan.

Saya kira itu tadi adalah beberapa cara membuat cocofiber yang mudah, serta beberapa manfaat dan olahan dari cocofiber yang bisa Anda simak. Jika masih ada kekurangan di dalam penulisan artikel, saya mohon maaf. Semoga bermanfaat.

News Feed