by

Cara Membuat Kerupuk Dari Tepung Beras yang Mudah Diikuti

Halo teman – teman semuanya! Untuk pembahasan pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara membuat kerupuk dari tepung beras yang bisa kalian praktekkan dirumah. Kerupuk menjadi menjadi salah satu komponen terpeting dalam menu makanan Indonesia. Rasanya kurang lengkap saja kalau kita makan sesuatu tanpa menggunakan kerupuk, apalagi makanan yang berkuah.

Lalu apakah kalian pernah dengar kerupuk yang dibuat dari tepung beras? Nah, untuk informasi lebih lanjutnya mengenai cara membuat kerupuk dari tepung beras kalian bisa baca penjelasan dibawah ini. Pastikan juga kalian simak sampai habis artikel ini supaya tidak ada hal menarik seputar kerupuk dari tepung beras.

Kerupuk

Kerupuk atau krupuk adalah makanan ringan yang biasanya terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan bumbu khas Indonesia seperti udang atau ikan. Makanan ini dibuat dengan cara mengukus adonan, memotongnya tipis-tipis, menjemurnya di bawah sinar matahari hingga kering dan menggorengnya dengan banyak minyak goreng.

Makanan ini populer di kalangan masyarakat Indonesia sebagai pendamping dan semacam kompetisi gastronomi utama di Hari Kemerdekaan Indonesia.

Kerupuk Dari Tepung Beras

Kerupuk adalah salah satu makanan yang banyak kita konsumsi sehari-hari. Salah satunya adalah kerupuk yang terbuat dari tepung beras. Tidak perlu menggunakan tepung tapioka untuk membuat kerupuk, tetapi Anda juga bisa menggunakan tepung beras.

Banyak kerupuk kering yang dibuat dari tepung beras ini suka digunakan untuk makan siang dengan nasi dan lauk pauk atau hanya sebagai camilan saat waktu bersantai. Banyak sekali cara membuat kerupuk kering dari tepung beras, namun banyak dari metode tersebut yang gagal ketika kita mencoba membuat kerupuk kering dari bahan dasar tepung rasa ini.

Baca Juga  Resep Cara Membuat Pizza Bread Yang Empuk Dan Lezat

Jika Anda tidak menyukai kerupuk kering tepung beras ini, tentu tidak ada di antara kita yang menyukainya. Tentu kami sangat menyukainya. Kerupuk merupakan salah satu jajanan yang banyak digunakan orang sebagai snack.

Biasanya kerupuk ini dibuat dengan tepung tapioka yang sudah dibumbui seperti udan atau ikan dan masih banyak lainnya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda tidak perlu menggunakan tepung tapioka untuk membuat kerupuk.

Namun penggunaan tepung jenis lain juga bisa berupa tepung beras. Tidak hanya tepung beras, tapi juga bisa dibuat dari beras. Secara umum, membuat kerupuk kering dari tepung beras tidak sulit dan sangat mudah dibuat. Kerupuk renyah ini, seperti kerupuk yang terbuat dari tepung beras, sangat cocok sebagai camilan dan pelengkap makanan. Meskipun kerupuk ini tersedia di banyak warung.

Namun banyak juga yang membuat kerupuk dari bahan tepung beras ini. Namun tidak semua orang tahu cara membuat kerupuk kering dengan tepung beras ini. Dengan membuat kerupuk sendiri tentunya lebih higienis dan sehat.

Selain untuk kebutuhan konsumsi Anda, membuat keupuk sendiri, Anda bisa menjual hasilnya ke kios. Banyak pesanan dari pelanggan, jadi banyak yang membuat kerupuk dari tepung beras ini. Kerupuk beras ini terkenal dengan rasanya yang asin dan nikmat saat Anda memakannya. Jadi jika Anda sedang mencari resep kerupuk kering tepung beras, Anda tepat memilih artikel ini.

Cara Membuat Kerupuk Dari Tepung Beras

Cara Membuat Kerupuk Dari Tepung Beras

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • Tepung beras (4 sendok makan)
  • Cabe rawit merah (6 buah cabe rawit)
  • Cabe rawit hijau (6 buah cabe rawit)
  • Merica sachet (1 bungkus)
  • Bawang putih (2 siung)
  • Bawang merah (5 buah)
  • Air (4 gelas)
  • Garam (secukupnya)
  • Minyak goreng
  • Santan
  • Tepung kanji
  • Seledri segar (2 batang)
  • Tepung tapioka
Baca Juga  Cara Buat Santan Kental dan Beberapa Ciri Santan Sehat Dikonsumsi

Cara membuat :

  1. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabe rawit hijau, cabe rawit merah
  2. Ambil tepung tapioka, nasi dan bumbu yang sudah diremas-remas, serta daun seledri yang sudah diiris dalam mangkuk adonan.
  3. Tuang air sedikit demi sedikit ke atas adonan, lalu aduk perlahan hingga rata.
  4. Kukus adonan kerupuk selama kurang lebih 21 menit.
  5. Setelah adonan matang, angkat dan dinginkan adonan
  6. Cetak adonan langsung menggunakan tutup panci dan gepengkan secara merata.
  7. Keringkan kue di bawah terik matahari.
  8. Setelah kue kering, Anda bisa memanggangnya.
  9. Goreng kue dalam minyak goreng.
  10. Setelah kerupuk matang, angkat.
  11. Kerupuk sudah bisa dibungkus plastik, bagian atas plastik bisa disegel secara manual.

 

Nah, itu tadi adalah cara membuat kerupuk dari tepung beras yang mudah untuk diikuti, kalian juga bisa mendapatkan hand sealer untuk membungkus kerupuk melalui Rumah Mesin.

Baiklah, saya kira cukup sekian untuk artikel “Cara Membuat Kerupuk Dari Tepung Beras yang Mudah Diikuti”, jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel lainnya dan sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya, bye – bye!

News Feed