by

Cara Membuat Sempolan Tanpa Daging Ayam

Haloo kawan-kawan semua… Di artikel kali ini saya akan membagikan informasi kepada kawan-kawan semua tentang cara membuat sempolan tanpa daging ayam. Yup, sempol tanpa menggunakan daging ayam, penasaran kan gimana caranya?, kalau gitu kalian simak ya artikel kali ini sampai habis.

Sempol

cara membuat sempolan tanpa daging

Sempol merupakan salah satu jajanan kaki lima yang memiliki rasa yang gurih dan sedap. Karena rasanya yang gurih membuat banyak orang, tidak hanya kalangan anak-anak saja, remaja sampai orang dewasapun menyukai sempol ini, dengan rasa yang enak sempol bisa dibilang dijual dengan harga yang sangat murah dan terjangkau.

Walaupun harganya terjangkau tapi rasa gurihnya bukan main lho, sampai-sampai banyak orang yang ketagihan makan jajanan ini, sampai-sampai sempol ini sempat menjadi booming pada saat itu. Oleh sebab itulah kita bisa melihat pedagang sempol yang tersebar banyak di pinggir jalan di daerah manapun.

Walaupun begitu, saat ini banyak orang-orang yang memilih berjualan sempol, dan peluang bisnis sempol ini masih bisa dibilang cukup populer untuk menjadi peluang usaha saat ini. Namun hal tersebut tentunya membutuhkan upaya khusus agar sempol dagangannya bisa laris manis terjual ke orang-orang.

Selain itu, untuk memakan sempol ini sebenarnya kita juga bisa membuatnya dirumah dengan telur dan tanpa menggunakan daging ayam. Terdengar menarik bukan? pastinya dong, dengan kita mengeluarkan daging ayam dari komposisi adonan sempol itu sendiri bisa membuat sempol kita menjadi lebih terjangkau lagi.

Cara Membuat Sempol Tanpa Daging Ayam

cara membuat sempolan tanpa daging

Nah jikalau saat ini kawan-kawan semua sudah bingung dengan bagaimana cara membuat sempol tanpa daging ayam, maka kawan-kawan sekalian wajib menyimak pembahasan berikut ini. Nantinya akan saya bagikan bahan dan juga tahapan cara pembuatannyaloh.

Baca Juga  Cara Bikin Steak Daging Sapi Saus Barbeque

Langsung saja tanpa perlu banyak ada kata dan basa-basi lagi, berikut pembahasan resep dan cara membuat sempolan tanpa daging ayam.

Bahan-bahan :

10 sdm tepung tapioka dengan merk apapun
4 sdm tepung terigu dengan merk apapun
1 btg daun bawang dipotong-potong
air panas secukupnya

Bahan Bumbu halus :

5 siung bawang putih
1/2 sdt lada bubuk (merk apapun)
1/2 sdt kaldu bubuk (merk apapun)
Garam (secukupnya)

Bahan Untuk Pencelup atau Pelapis :

1 btr telur
Sedikit garam

Cara Tahapan Pembuatannya :

  1. Pertama, kawan-kawan bisa menyiapkan wadah dan dilanjutkan dengan memasukan tepung tapioka, terigu, daun bawang, dan bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya. Lalu dicampurkan hingga sekiranya semuanya merata.
  2. Setelah sekiranya tercampur, lanjutkan dengan memasukan garam dan juga kaldu bubuk sampai memiliki rasa yang gurih dan enak.
  3. Selanjutnya, kawan-kawan bisa memasukkan air panas dengan cara sedikit demi sedikit, sambil adonannya tadi diaduk menggunakan sendok ataupun alat yang serupa, kemudian setelah terlihat dan terbentuk seperti adonan serta tidak panas, bentuk adonan menggunakan tangan kalian dengan cara dipadatkan.
  4. Kemudian lanjutkan dengan mengambil bagian adonan dan tempelkan di tusuk sate yang sudah disiapkan.
  5. Setelah semua adonan habis dan sudah menempel di tusuk sate semuanya, lanjutkan dengan menyiapkan panci dan memasukkan air sampai hampir penuh dan masak airnya hingga mendidih.
  6. Jika sekiranya air tadi sudah mendidih, lanjutkan dengan memasukkan adonan sempol tadi ke dalam pancinya dan tunggu hingga adonannya tadi mengambang, itu tandanya sudah matang.
  7. Lalu, ketika adonan sempol kalian tadi sudah matang, angkat dan saring supaya airnya turun semua.
  8. Selanjutnya, kalian persiapkan bahan pencelup atau pelapis, lalu lanjutkan dengan memasukkan adonan sempol yang sudah matang tadi ke pelapis atau pencelupnya sampai semuanya merata.
  9. Setelah semuanya merata, goreng adonan sempolnya didalam minyak yang panas hingga setengah matang lalu angkat tiriskan dan lanjutkan dengan mencelupkan lagi ke dalam kocokan telur, lalu goreng sampai matang atau muncul warna kuning keemasan.
  10. Jika sudah muncul warna kuning keemasan, kalian bisa angkat kemudian tiriskan terlebih dahulu. Dan sempol siap untuk disajikan.
Baca Juga  Cara Mudah Membuat Sate Telur Puyuh Bubur Ayam

Hal Unik Yang Dimiliki Sempol

Tau ga sih kawan-kawan, kalau sempol ini sebenarnya memiliki beberapa hal unik, nah kali ini saya mau membahas beberapa hal unik yang dimiliki jajanan sempol ini yang telah saya ringkas spesial buat kawan-kawan semua.

Mudah Untuk Ditemukan

Hal unik yang pertama akan saya bahas adalah jajanan sempol ini ternyata sangatlah mudah untuk ditemukan. Camilan atau jajanan sempol ini bisa kawan-kawan sekalian temukan di berbagai tempat yang ramai dengan orang.

Para penjual jajanan sempol ini juga bisa kalian temukan di dekat sekolah, kampus, pabrik ataupun tempat umum lainnya. Pada dasarnya, target utama penjualan atau pasar dari kebanyakan pedagang jajanan sempol biasanya adalah balita sampai dengan remaja.

Banyak Varian

Biasanya adonan dari jajanan sempol ini dicampur dengan cincangan dari daging ayam. Meskipun demikian, saat ini banyak sekali yang memodifikasi dan membuat varian dari jajanan sempol yang satu ini.

Ada jajanan sempol yang menggunakan tahu, wortel, udang, ikan, dan lainnya. Terdapat juga yang menambahkan pasta pada jajanan sempolnya.

Bahkan terdapat beberapa penjual  jajanan sempol ini yang mengganti daging cincangan ayamnya jadi menggunakan kaldu ayam yang dimaksudkan agar jajanan sempolnya tetap memiliki rasa ayam tetapi dengan harga yang lebih terjangkau.

Jajanan sempol ini juga memiliki variasi dalam persoalan penyajiannya. Beberapa ada yang disajikan langsung dengan saus kacang/bumbu kacang, saus sambal, saus tomat, saus keju, bahkan ada yang menggunakan juga mayonaise dalam penyajiannya.

Itulah tadi artikel yang bisa saya bagikan dan bahas kali ini, jika kalian ingin membaca artikel tentang sempol lebih lanjut dapat membaca artikel yang ini, sampai jumpa dilain artikel kawan-kawan

Baca Juga  Cara Transfer Pulsa Telkomsel Lewat Aplikasi

News Feed