by

Cara Membuat Telur Gulung Bihun yang Enak dan Gampang

Halo teman – teman semuanya! Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara membuat telur gulung bihun yang rasanya enak dan tentunya gurih. Jajanan ini juga mudah untuk dibuat jadi kalian bisa mempraktekkannya langsung dirumah sambil membaca resep dibawah ini.

Bukan cuma itu saja, saya juga bakalan membagikan beberapa hal menarik seputar telur gulung bihun, jadi pastikan kalian menyimak artikel ini sampai habis agar tidak ketinggalan hal – hal menarik seputar telur gulung bihun.

Cara Membuat Telur Gulung Bihun

Telur Gulung Bihun

Telur gulung adalah salah satu jajanan dimana adonan telur goreng dan kemudian digulung dengan tusuk sate. Jajanan yang satu ini merupakan salah satu yang paling populer di Indonesia dan disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Makanan ini sudah ada sejak zaman Orde Baru, namun belakangan ini namun ini kembali populer. Jajanan ini bisa Anda temukan di pinggir jalan, di area sekolah atau kantor, dan di acara-acara yang melibatkan banyak orang.

Makanan ini sangat digemari karena rasanya yang gurih, asin dan renyah, oleh karena itu jajanan ini disukai oleh semua kalangan, dari yang muda hingga yang tua. Tak hanya itu, harga yang murah menjadi salah satu faktor di balik popularitas jajanan ini.

Karena popularitasnya, makanan ini telah dimodifikasi oleh banyak orang. Seiring berjalannya waktu, berbagai varian bermunculan, mulai dari yang menggunakan kroket, sosis, mie, hingga yang menggunakan bihun.

Nah, yang akan kita buat kali ini adalah varian bihunnya. Varian ini sering disebut bihun gulung, dan pada saat ini memang tidak banyak yang menjual varian ini. Namun jangan khawatir karena setelah membaca resep ini kini Anda sudah bisa membuat telur gulung bihun buatan sendiri.

Baca Juga  Manfaat-manfaat Santan untuk Tubuh Kita

Cara Membuat Telur Gulung Bihun

Cara membuat telur gulung sebenarnya tidak terlalu sulit, meskipun butuh beberapa kali mencoba untuk menggulung telur. Untuk proses penyeduhannya, adonan telur digoreng lalu digulung dengan bihun yang sudah dililitkan di tusuk sate.

Untuk peralatan yang diperlukan adalah penggorengan, wadah untuk meletakkan bahan dan membuat adonan telur, sendok untuk mengocok dan menuangkan adonan telur dan tusuk sate untuk menggulung telur. Pastikan juga peralatan dibersihkan dengan benar.

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi kualitas dan rasa jajanan satu ini, mulai dari pemilihan bahan, jenis bahan, proses dan teknik memasak, serta penyajian. Pastikan bahan dan bumbu sesuai standar dan tidak busuk atau kadaluarsa jika ingin rasanya enak dan sempurna. Untuk selengkapnya kalian bisa lihat resep di bawah ini.

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan :

  • Bihun ukuran kecil (50 gram)
  • Air (500 ml)
  • Telur¬† (3 butir)
  • Maizena (1/2 sendok makan)
  • Garam (1/2 sendok teh)
  • Bawang putih bubuk (1 sendok teh)
  • Lada bubuk (1/2 sendok teh)
  • Daun bawang, cincang halus (1 helai)
  • Minyak goreng (secukupnya)
  • Tusuk sate (secukupnya)

Cara pembuatan :

  1. Siapkan panci dan didihkan air, bila sudah mendidih rebus bihun sampai terurai lalu tiriskan.
  2. Pecahkan telur ke dalam mangkuk, lalu kocok hingga kuning telur menyatu, lalu tambahkan tepung maizena, garam, bubuk bawang putih, merica bubuk, dan bawang merah, dan pastikan untuk memblender hingga halus dan semua tercampur.
  3. Kemudian lilit bihun pada tusuk sate sampai benar-benar menempel dan tidak bubar, lakukan hingga bihun habis.
  4. Setelah matang, tuang minyak ke tengah wajan dan panaskan dengan api sedang.
  5. Tuang adonan secara acak seolah-olah Anda sedang mencoret-coret, menunggu hingga matang.
  6. Setelah matang, masukkan sate bihun ke dalam wajan dan gulung telur hingga semua permukaan tertutup telur, angkat dan tiriskan. Ulangi langkah 5 dan 6 sampai habis.
  7. Langkah terakhir letakkan semua telur gulung bihun di piring, sajikan dengan saus dan telur gulung bihun siap disantap.
Baca Juga  Container Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Nah, itu tadi adalah cara membuat telur gulung bihun yang enak dan tentunya mudah. Kalian juga bisa Membuat Telur Gulung Tepung Renyah dan Anti Gagal kalau tertarik.

Baiklah, cukup sampai disini dulu untuk pembahasan “Cara Membuat Telur Gulung Bihun yang Enak dan Gampang” semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, jangan lupa kunjungi artikel lainnya and see you next time!

News Feed