by

Cara Menanam Padi Inpari 32, Varietas Terbaru Jauh Lebih Maksimal Hasilnya

Cara menanam padi inpari 32 yang benar agar mendapatkan hasil yang maksimal. Benih padi Inpari 32 merupakan varietas benih padi yang tahan terhadap pembusukan daun.  Padi inpari 32 lebih cocok di tanam ditanah yang mempunyai struktur tanah yang lembab. Disamping itu, benih padi inpari 32 ini bisa menghasilkan padi dua kali lipat dari padi yang biasa ditanam oleh para petani.

Misalkan kita bandingkan dengan varietas Mekongga, jika rata-rata potensi hasil mekongga hanya 7 ton/ha maka Inpari 32 bisa mencapai 10 ton/ha untuk masa tanam pertama. Dalam menanam padi inpari 32 ini bisa juga tergolong mudah dan tidak memerlukan perawatan khusus seperti padi lokal.

Keunggulan Dan Kelemahan Padi Inpari 32

Keunggulan Padi Inpari 32

Padi Inpari 32 memiliki ciri – ciri yaitu pohon dan daun benderanya berbentuk tegak, dengan masa tanam jarak sekitar 120 hari setelah sebar. Berikut ini deskripsi lebih detail tentang keunggulan padi Inpari 32 :

  1. Tahan terhadap penyakit hawar daun bakteri biotipe 3
  2. Tahan virus tungro ras langrang
  3. Rentan terhadap penyakit blas 033 serta 073

Kelemahan Padi Inpari 32

Untuk kekurangan padi inpari 32 selain mudah roboh, Varietas benih padi Inpari 32 juga mempunyai kelemahan antara lainnya :
  1. Rentan terhadap serangan hama wereng batang coklat (WBC) biotipe 1, 2 dan 3.
  2. Karena bentuk gabah inpari 32 berperut, biasanya jenis gabah ini memiliki harga yang lebih murah.

Hanya saja padi Inpari 32 ini rentan roboh di musim penghujan dan agak rentan terhadap Wereng Batang Coklat (WBC) biotipe 1, 2, dan 3. Karena itu dalam cara menanam padi Inpari 32 anda harus mewaspadai serangan hama WBC yang sering menyerang tanaman padi secara instan. Apabila kita menanan padi ini pada saat musim penghujan, disarankan hindarilah pemupukan urea secara berlebihan.

Baca Juga  Cara Mengolah Sabut Kelapa Untuk Dijadikan Material Bangunan

Hal ini bertujuan agar padi inpari 32 tidak mudah roboh, saat terkena angin dan hujan. Untuk menghindari padi Inpari 32 roboh gunakan lah pupuk berimbang. Jadi menanam padi Inpari 32 sebaiknya pada musim tanam 1 atau di musim panas, untuk menghidari padi ini roboh yang berimbas penurunan kualitas padi dan harga gabah.

Cara Menanam Padi Inpari 32 Varietas Unggul

cara menanam padi inpari 32

1. Pilih Benih Berkualitas

Benih padi yang berkualitas merupakan hal yang penting jika ingin meningkatkan hasil panen padi. Sementara itu, anda juga perlu memperhatikan kodisi lahan yang cocok dengan benih padi tersebut.

Beberapa ciri dari beras varietas unggulan adalah, tahan terhadap serangan hama dan penyakit, toleran terhadap kondisi lingkungan, dapat menghasilkan panen yang berlimpah, dan saat direndam dengan larutan ZA 20 gr, benih padi tenggelam atau tidak mengapung.

2. Menyiapkan Lahan

Menyiapkan lahan adalah merupakan satu komponen terpenting dalam menanam padi yang baik dan menguntungkan. Siapkan lahan kosong yang subur yang sudah dibersihkan dari rumput liar dan gulma yang mengganggu.

Untuk meningkatkan kesuburan tanah saat ditanami. Tanah dialiri air hingga gembur dan lunak kemudian bajak menggunakan mesin traktor, lalu genangi air kembali setinggi 5 sampai 10 cm, dan biarkan air menggenang dalam media tanam selama kurang lebih 2 minggu agar racun – racun dapat di netralisir oleh air.

3. Pembibitan Benih

Setelah menyiapkan lahan, sebar benih padi yang bagus yang sudah melalui tahap pengujian untuk menentukan kualitasnya, rendam 2 hari hingga muncul tunas atau berkecambah. Berikan pupuk area persemaian tadi dengan pupuk urea dan tsp, masing masing 10 gram untuk setiap semester lahan.

4. Penanaman Padi

Setelah persiapan benih dan lahan sudah selesai, maka cara menanam padi inpari 32 berikutnya adalah proses penanaman padi. Usia benih yang sudah dapat dipindahkan adalah sekitar 20 hari, yang bisa di tandai dengan berdaun 5 – 6 helai, mempunyai tinggi 22 – 25 cm, batang bagian bawah besar dan keras, dan terbebas dari serangan hama. Satu lubang tanam hanya untuk satu benih, dengan kedalaman tanam kurang lebih 2 cm.

Baca Juga  Cara Membuat Minyak Kelapa Tunggal Buah yang Banyak Manfaat

5. Proses Panen Padi

Panen padi tidak akan menghasilkan sesuatu yang menguntungkan jika dilakukan dengan sembarangan, dan hanya boleh dikerjakan saat bulir padi sudah cukup masak. Hal ini disebabkan karena penen yang dilakukan terlalu dini akan menurunkan kualitas panen padi inpari 32. Setelah padi berumur cukup anda bisa melakukan proses panen, agar memudahkan proses panen anda bisa menggunakan alat pemanen padi.

Perlu ditandai padi jenis ini mempunyai pohon yang tegak dengan jumlah anakan sekitar 20 – 25/rumpun. Jumlah bulir padi tiap malai hanya 250 butir dengan berat/1000 yaitu 27 gram. Karena jumlah yang sedikit tiap malainya tetapi besar ukuran diameter bulirnya, padi inpari 32 memiliki potensi full dalam pengisian setiap bulir padinya, sehingga hasil yang didapat lebih banyak dibandingkan jenis padi yang berbulir lebih dari 250 permalai.

News Feed