by

Cara Menyimpan Buah agar Tahan Lama

Cara menyimpan sayur serta buah tidak hanya mempengaruhi rasa dan juga penampilannya, tetapi juga mempengaruhi nutrisi yang dikandung di dalamnya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menyimpan buah agar tahan lama dan menjaga kualitas yang baik.

Cara Menyimpan Buah Agar Tahan Lama

Simpan Pada Suhu Ideal

Buah dan sayuran segar sebenarnya adalah makhluk hidup. Meski telah dipetik dan dipanen dari pohonnya, sayuran dan buah-buahan ini tetap membutuhkan oksigen untuk ‘bernapas’ dan mengeluarkan karbon dioksida. Kemampuan sayuran dan buah buahan untuk bisa ‘bernapas’ tergantung pada suhu saat menyimpanannya dan jenis sayuran atau buahnya.

Semakin rendah suhu di tempat penyimpanan, semakin rendah kemampuan sayuran dan buah untuk ‘bernapas’ dan semakin lama umur simpannya.  Semakin banyak oksigen yang ‘dihirup’ dan karbon dioksida yang dilepaskan, semakin cepat buah dan sayuran akan membusuk dan membusuk.

Beberapa jenis sayuran/buah harus segera disimpan di tempat yang dingin, ada juga yang sensitif terhadap suhu dingin dan akan membusuk jika dimasukkan ke dalam lemari es. Agar lebih terjaga kita bisa menggunakan vacuum sealer untuk membungkus buah. Produk ini bia didapatkan di rumahmesin secara langsung.

Cara Menyimpan Buah Agar Tahan Lama Dengan Menjaga kelembaban

Semua sayuran/buah mengandung air. Kandungan air ini menjaga kesegaran sayur dan buah. Namun, ketika buah atau sayuran dipanen dan dipetik dari pohonnya, akan banyak air yang hilang karena penguapan. Oleh karena itu, Anda harus menjaga agar sisa air pada sayur/buah tidak layu dan mengerut, dengan cara memasukkan sayur/buah ke dalam plastik yang sudah dilubangi.

Hindari Menyimpan di Tempat Dengan Suhu Ekstrim

Sayuran atau buah yang disimpan di tempat yang suhunya terlalu tinggi atau terlalu rendah akan cepat busuk dan membusuk. Ketika buah atau sayuran disimpan di dalam freezer, mereka akan rusak segera setelah dicairkan.

Baca Juga  Membuat Rumah Tampak Mewah Tanpa Biaya Mahal

cara menyimpan buah agar tahan lama

Kerusakan yang akan muncul, seperti muncul bintik-bintik coklat pvaada apel dan menjadi sangat lunak pada buah pir. Sedangkan suhu yang beigitu tinggi akan menyebabkan kematangan yang tidak merata, menjadi lunak serta lumer, berkerut, dan menjadi berkerut.

Perhatikan Kondisi Buah

Kebanyakan buah akan bertahan jauh lebih lama jika kulitnya masih menempel. Kulit yang terbuka pada buah akan berpotensi untuk tumbuhnya jamur serta bakteri yang bisa menyebabkan buah membusuk. Oleh karena itu, periksalah kondisi permukaan buah dan sayuran Anda secara rutin dan sering.

Jika ada perubahan warna, gumpalan, atau pencoklatan pada buah/sayuran, maka segera buang bagian yang busuk dan konsumsilah yang masih dalam keadaan baik.

Tips Tambahan Cara Menyimpan Buah Agar Tahan Lama

Sekarang setelah Anda mengetahui prinsipnya, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk menjaga buah dan sayuran Anda tetap segar dan tahan lama:

  • Setelah membeli buah atau sayuran di pasar atau supermarket, sebelum mencucinya, ada baiknya membuang bagian busuk dan lembek yang terdapat pada buah atau sayuran tersebut. Setelah itu, kemudian barulah kita bisa mencucinya hingga bersih.
  • Campuran luka atau lemon, selain untuk menghilangkan bakteri yang ada dalam sayuran, jugabisa berguna untuk meningkatkan kerenyahan daun hijau. Setelah dicuci, segera keringkan buah dengan tisu lalu segera bungkus dengan memakai plastik yang sudah dilubangi. Kemudian, simpan di lemari es.
  • Akar sayuran atau buah-buahan seperti bawang merah, atau kentang, jangan langsung dicuci dan simpan di lemari es. Periksa bagian untuk cetakan kemudian simpan di tempat yang sejuk dan berventilasi baik. Jangan simpan di lemari es.
  • Tomat juga lebih baik disimpan pada suhu kamar, karena suhu rendah dapat membuatnya lembek. Jika Anda ingin menyimpan tomat yang dipotong sebagian, masukkan ke dalam kantong kertas dan simpan pada suhu kamar.
Baca Juga  Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Rambut Indah Dan Berkilau

Simpan di Lemari Es VS di Suhu Ruangan

Di dalam kulkas

  • Buah-buahan: apel yang lebih tua dari 7 hari, aprikot, pir, berbagai macam buah beri, ceri, anggur, dan buah apa pun yang telah dicincang.
  • Sayuran: brokoli, kol, seledri, wortel, jamur, selada, bayam, kangkung.

Suhu kamar

  • Buah-buahan: apel yang berumur kurang dari 7 hari, lemon, aneka jeruk, mangga, pisang, nanas, semangka, dan melon.
  • Sayuran: mentimun, bawang, labu, cabai, kentang, tomat, dan jahe.

Selain bisa menjaga kesegaran serta rasa. penyimpanan sayur dan buah dengan baik dan benar juga akan menjaga nutrisi yang terkandung di dalamnya. Di sisi lain, jika tidak memperhatikan tempat penyimpanan sayur dan buah, bukan tidak mungkin akan berdampak buruk bagi kesehatan karena adanya jamur dan bakteri yang terdapat pada sayur dan buah.

News Feed