by

Cara Untuk Menyimpan Daging Sapi Di Kulkas

Bagi anda yang suka memasak daging sapi pasti sudah sangat sering untuk memasukkan daging sapi ke dalam kulkas. Hal ini di lakukan agar daging sapi awet dan juga tahan lama jika tidak langsung memasaknya. Agar daging sapi awet di simpan di dalam kulkas ada beberapa cara menyimpan daging sapi di dalam kulkas yang dapat anda coba di rumah.

Mau tahu cara caranya? Di lansir dari beberapa sumber, simaklah ulasan berikut ini tips untuk menyimpan daging sapi di dalam kulkas berikut ini.

Cara Menyimpan Daging Sapi Di Kulkas

cara menyimpan daging sapi di kulkas

1. Jangan Anda Mencuci Daging Sebelum Di Simpan

Biasanya banyak orang yang menyarankan untuk mencuci bahan makanan sebleum di simpan. Akan tetapi hal ini tidak berlaku untuk daging sapi karena hal ini dapat meningkatkan kadar air yang terdapat pada dalam daging.

Selain hal itu, ini juga berpotensi menyebabkan daging dapat terpapar mikroba. Jadi sebaiknya anda jangan mencuci daging sebelum di simpan.

2.  Potong Potong Daging Terlebih Dahulu

Sebaiknya potong terlebih dahulu daging menjadi beberapa bagian sesuai dengan kebutuhan yang anda perlukan. Pisahkan juga daging yang sudah di potong ke dalam wadah wadah yang berbeda beda

Dengan demikian, anda hanya cukup mengambil satu wadah saja untuk satu kali masak. Hal ini bertujuan agar kondisi dari daging tetap terjaga.

3. Pisahkan Antara Daging Dengan Jeroan

Sebaiknya anda memisahkan antara bagian daging dengan bagian jeroan. Di sarankan juga untuk menyimpan pada kulkas atau pun freezer yang berbeda. Ini karena bertujuan untuk menghindari adanya kontaminasi silang sebab jeroan akan leibh cepat untuk rusak daripada daging.

4. Simpan Di Dalam Wadah Yang Bersih

Sebelum anda mememasukkan daging ke dalam kulkas pilihlah terlebih dahulu wadah yang sudah benar benar bersih serta dalam kondisi yang baik sehingga dapat tertutup dengan rapat.

Baca Juga  Cara Bikin Cold Brew Yang Enak Serta Pembuatannya Yang Cukup Mudah

Menggunakan wadah yang tepat juga akan membuat kondisi dari daging terjaga kebersihannya. Wadah yang baik juga bisa mencegah cairan dari daging mentah mengenai bahan bahan makanan yang lainnya.

5. Perhatikan Kondisi Dari Kulkas Atau Freezer

Selain memperhaikan wadah anda juga harus memperhatikan kondisi dari kulkas atau freeer yang anda gunakan, pastikan kondisi kulkas atau freezer anda dalam keadaan bersih.

Selain itu perhatikan juga bagian rak atau sudut sudut kulkas. Jika kulkas kotor maka bakteri akan dapat dengan cepat mengontaminasi daging yang berakibat daging akan menjadi lebih cepat membusuk.

6. Berikan Label Penyimpanan Pada Masing Masing Bahan

Jika anda mempunyai stok daging sapi yang sangat banyak, sebaiknya anda memberikan label tanggal penyimpanan di setiap wadah penyimpanan daging.

Hal ini berfungsi sebagai pengingat agar anda tetap bisa mengontrol waktu kapan daging kadaluwarsa.

7. Atur Suhu Dari Kulkas Atau Freezer Anda

Anda juga harus sangat memperhatikan suhu dari kulkas maupun freezer yang anda gunakan. Hal ini bertujuan agar kualitas dari daging tetap terjaga dengan sangat baik. Gunakanlah suhu yang tepat, Yaitu suhu di bawah 4 derajat celcius pada kulkas dan juga di bawah 10 derajat celcius pada freezer.

Jika anda mengatur suhu pada kulkas di bawah 4 derajat celcius maka yang terjadi daging akan dapat bertahan lama sekitar 4 sampai 5 hari. Dan sedangkan untuk suhu freezer di bawah 10 derajat celcius daging akan dapat bertahan lama sekitar 4 sampai 12 bulan hal ini tergantung dengan kondisi daging itu sendiri.

8. Hindarilah Memasukkan Lagi Daging Yang Sudah Tidak Beku

Jika anda sudah mengeluarkan daging beku dan kondisi suhunya sudah berubah menjadi cair, anda sebaiknya jangan di simpan lagi di dalam kulkas. Karena hal ini bisa menyebabkan mikroba yang muncul menjadi lebih banyak dan dapat membuat daging lebih cepat untuk membusuk.

Baca Juga  Cara Membuat Apem Kukus Tepung Terigu

 

Itulah cara menyimpan daging sapi di kulkas dengan baik dan benar agar kualitas dari daging tetap terjaga baik. Anda dapat menerapkan cara ini agar stok daging anda dapat tetap terjaga kualitasnya. Anda dapat juga menyimpan daging dengan plastik yang sudah di vacuum sealer agar lebih menjaga kualitas dagingnya.

 

News Feed