by

Cara Merawat Sapi Agar Cepat Besar, Gemuk dan Sehat

Halo teman – teman semua! Pada artikel kali ini saya akan membahas cara merawat sapi agar cepat besar dan sehat. Untuk merawat sapi itu sendiri ternyata tidaklah mudah dan hal – hal seperti pakan, kebersihan, kesehatan menjadi faktor yang paling utama. Kalian juga harus siap – siap untuk mengorbankan waktu, uang, dan tenaga untuk merawat sapi dari kecil sampai menjadi dewasa.

Nah, kali ini nih saya bakalan membagikan tips – tips cara merawat sapi agar cepat besar, langsung aja untuk penjelasan lengkapnya bisa simak artikel dibawah ini.

Cara Merawat Sapi Agar Cepat Besar

Cara Merawat Sapi Agar Cepat Besar, Gemuk dan Juga Sehat

Kita perlu memperhatikan cara merawat sapi agar sapi bertambah gemuk dalam waktu singkat. Bagi petani penggemukan, waktu penggemukan sangat penting karena erat kaitannya dengan keuntungan.

Semakin lama sapi dipelihara, semakin besar biaya yang harus dikeluarkan peternak untuk memberi makan sapi tersebut. Oleh karena itu, sapi gemuk sebanyak mungkin dalam waktu singkat dan peternak akan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Pembuatan Kandang Sapi Agar Cepat Besar

Cara merawat sapi agar cepat besar dalam waktu singkat bisa dimulai sejak kandang sapi dibangun. Kandang sapi sangat berpengaruh terhadap progress pertumbuhan dan penggemukan sapi. Secara umum, ada dua jenis sapi, yaitu tipe individu dan tipe kelompok, kedua jenis kandang ini dapat disesuaikan dengan jumlah sapi yang dipelihara oleh peternak.

Pada setiap jenis kandang sapi masing-masing sapi memiliki luas 2,5 m x 1,5 m. Jenis kandang ini merupakan jenis kandang yang tepat jika peternak menginginkan sapi yang gemuk dan cepat serta cepat.

Kandang jenis individual terbukti efektif untuk penggemukan sapi dalam waktu singkat. Karena tempat makan untuk sapi juga terpisah sehingga sapi tidak berebut makanan. Jenis kandang individu untuk sapi juga mencegah sapi bergerak bebas. Jika peternak menginginkan proses penggemukan berlangsung cepat, pergerakan bebas ternak harus dihindari.

Baca Juga  Game Online 3D Perang Yang Harus Dicoba

Penggemukkan Sapi

Hal penting lainnya dalam cara merawat sapi agar cepat besar adalah dengan memilih sistem penggemukan yang tepat. Sistem yang sering digunakan di Indonesia untuk penggemukan sapi secara cepat adalah dengan menggunakan kandang.

Selain ukuran kandang, bentuk pemberian pakan, umur dan kondisi sapi, sistem penggemukan juga mempengaruhi kecepatan proses penggemukan. Dengan adanya sistem rem maka nilai jual dapat dimaksimalkan. Peternak juga bisa menggunakan kotoran sapi yang bisa dijadikan kompos.

Cara menggemukkan sapi menggunakan sistem rem sangatlah mudah. Maksudnya, sapi-sapi itu dikurung dalam kandang kemudian diberi makan dan minum dalam jumlah tak terbatas. Pakan sapi dapat berupa pakan ternak atau konsentrat.

Jangan lupa berikan obat cacing dan suplemen untuk menambah nafsu makan. Setidaknya dalam 100 hari, sapi bisa menjadi gemuk sesuai rencana.

Cara memberi makan sapi dengan cepat adalah dengan memberi mereka makanan yang tepat. Rumusnya adalah sapi membutuhkan 10-12% pakan dan 1% -2% pakan tambahan per hari berdasarkan berat badan sapi.

Pakan dapat diberikan 3 kali sehari, sedangkan pakan tambahan dapat diberikan sebelum pemberian pakan. Untuk menunjang bobot badan yang maksimal, sapi juga harus dilengkapi dengan bahan organik. Disarankan untuk menggunakan bantuan mesin pencacah rumput multifungsi agar proses pemberian makan menjadi lebih efisien.

Mencegah dan Mengobati Penyakit

Cara lain untuk merawat sapi agar cepat gemuk adalah dengan mencegahnya tertular penyakit. Jika sapi sudah terkena penyakit, harus segera diobati.

Salah satu cara untuk mencegah penyakit sapi adalah dengan membersihkan kandang dan memandikan sapi secara rutin. Pastikan lantai kandang selalu kering dan karantina sapi yang terinfeksi, juga pastikan Anda mendapatkan vaksinasi secara teratur.

Baca Juga  Jasa Pengaspalan Bogor Siap Melayani Berbagai Proyek Jalan

Berikut ini adalah beberapa penyakit sapi yang memiliki jumlah kasus yang banyak dan paling sering terjadi :

Kembung

Agar sapi dapat dirawat dengan baik, peternak perlu mengetahui jenis penyakit yang biasa menyerang sapi, salah satunya adalah kembung. Penyakit ini terjadi tersumbatnya saluran gas, sehingga pencernaan tidak lancar dan perut membesar. Sebagai tindakannya cukup untuk memberinya minyak kelapa dan penisilin.

Kudis

Penyakit sapi lainnya adalah kudis, yang ditandai dengan rontoknya bulu sapi. Perawatan dapat dilakukan dengan mencukur bulu sapi yang terkena kudis, membersihkannya dengan air hangat dan menggosokkan minyak/sulfur bekas.

Cacingan

Cacingan merupakan bencana besar dalam proses penggemukan sapi. Karena sapi yang terkena penyakit ini akan terlihat kurus, nafsu makan berkurang, diare dan masih banyak lagi. Cukup dengan memberikan obat antiparasit secara teratur untuk pengobatan. Sangat penting untuk mengetahui cara merawat sapi agar tidak terkena penyakit tersebut. Anda pasti tidak ingin memiliki sapi yang sakit.

 

Baiklah, itu tadi adalah tips – tips cara merawat sapi agar cepat besar yang bisa kalian coba, kalian juga bisa mendapatkan mesin yang bisa membantu kalian dalam merawat sapi di Rumah Mesin, cukup sekian artikel ini, jangan lupa mengunjungi artikel lainnya dan sampai jumpa!

News Feed