by

Cara Pembuatan Keset dari Sabut Kelapa dan Peluang Bisnisnya

Pembuatan Keset Sabut Kelapa – Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak pohon kelapa. Sejak kecil, kita telah dikenalkan dan diberitahu bahwa pohon kelapa bermanfaat dari akar sampai daunnya. Contohnya pada bagian sabut kelapa yang biasanya hanya dibuang dapat dimanfaatkan dan diolah kembali menjadi keset dari sabut kelapa.

Pemanfaatannya selama ini, pada bagian buahnya bisa diolah menjadi santan dan minyak. Batangnya untuk kayu bangunan dan daunnya bisa dibuat menjadi kerajinan sapu, dan lain sebagianya. Limbah kulit buah kelapa pun yang selama ini hanya dibuang dapat dijadikan produk yang bermanfaat untuk lingkungan dan membawa nilai ekonomis di perdesaan.

Limbah kulit kelapa dapat diolah menjadi serabut kelapa yang dipakai sebagai bahan dasar sapu, tali, dan keset. Pembuatan keset dari sabut kelapa bisa dikerjakan dengan menggunkan tenaga manusia, kecuali pemisahan sabutatau serabut kelapa dengan serbuknya menggunakan mesin pengurai sabut kelapa. Beikut penjelasan cara pembuatan keset dari sabut kelapa.

Pembuatan Keset Sabut Kelapa

Cara Membuat Keset Dari Sabut Kelapa

Alat dan Bahan yang diperlukan

  • Sabut Kelapa
  • Palu
  • Pisau atau gunting besar

Proses Pembuatan :

  1. Siapakan tempat untuk menganyam sabut, bisa dengan tiang memanjang!
  2. Siapkan tali yang akan dijadikaan alur untuk dipakai menganyam!
  3. Anyamlah sabut kelapa (seperti menenun), masukkan dari atas, ditata sejajar sampai semua tersisi penuh dan rapi!
  4. Setiap kali dapat satu baris, repatkanlah dengan memukul-mukul dari atas agar keset penuh, rapat, dan kuat!
  5. Rapikan dengan menggunakan pisau atau gunting, untuk membersihakan sisa-sisa sabut kelapa yang tidak beraturan.

Peluang Bisnis Sabut Kelapa

Di Indonesia sendiri merupakan peasok atau penghasil kelapa terbesar, sabut kelapa kering dibuang begitu saja. Mungkin hanya pelaku usaha pembuatan bata dan genteng saja yang sering membutuhkan sabut kelapa tersebut sebgagai bahan bakar proses pembakaran. Akan tetapi apakah sabut kelapa hanya bisa dijadikan sebagai bahan bakar untuk memasak, pembuatan batu bata, atau genteng saja ? Tentu tidak.

Baca Juga  Proses Buat Cocomesh Dan Pemanfaatannya Bagi Kehidupan

Para pengerajin telah memanfaatkan serat sabut kelapa untuk diolah menjadi barang – barang yang berguna dan bernilai ekonomis, misalnya saja diolah menjadi cocomesh dan sapu ijuk Seiring berkembangnya zaman dan majunya teknologi serta dengan pengolahan sabut kelapa yang inovatif dan kreatif, sabut kelapa ini dapat menjadi produk kerajinan yang benilai jual tinggi.

Seperti contohnya pemanfaatan sabut kelapa sebagai cocomesh, pengisi jok mobil, kasur sabut kelapa, sofa sabut kelapa, pot sabut kelapa, dan aneka kerajinan sabut kelapa yang lainnya. Namun, dengan peralatan yang masih sederhana tentu tidak mampu memproduksi dalam jumlah besar, sehingga bisnis yang dijalankan tersebut belum dapat berkembang secara maksimal.

Dengan ketersediaan mesin – mesin industri skala rumahan atau pabrik seperti mesin pengurai sabut kelapa, maka peluang usaha ini cukup menjanjikan dan prospektif. Mesin pengurai sabut kelapa yang berkualitas dan awet dapat Anda beli di Rumah Sabut, karena harganya yang lebih terjangkau sehingga dapat memudahkan proses produksi Anda.

Aneka Olahan Lain dari Sabut Kelapa

1. Kasur Sabut Kelapa

Kasur ini merupakan perpaduan antara sabut kelapa dan karet lateks yang menghasilkan produk yang berkualitas tinggi karena kasur ini tidak menggunakan pegas lagi. Kasur kelapa dan karet ini lentur dan lembut secara alami karena dilakuakan proses crimping serat.

2. Matras Sabut Kelapa

Matras yang satu ini sangat bagus dan baik digunakan untuk orang sehat maupun yang sedang menderita sakit punggung. Keunggulan dari matras dari sabut kelapa ini fleksibel, tetapi tidak mudah melar. Matrasnya pun aman sehingga bisa dikatakan sebagau sarana pengobatan sakit punggung.

3. Jok Mobil Sabut Kelapa

Industri otomotif besar di dunia, seperti Mercedes Benz, Volkswagen Porche dan juga Opel di Eropa, sebenarnya sudah menggunakan sabut kelapa untuk mengisi jok mobil. Keunggulan sabut kelapa sebagai pengisi jok mobil adalah fleksibilitasnya yang baik, daya tahan nya bagus, dan tidak ada polusi (telur).

Baca Juga  Cara Budidaya Jambu Mete

Nah itulah penjelasan mengenai cara pembuatan keset sabut kelapa, keunggulan dari produk dari sabut kelapa, dan aneka produk olahan sabut kelapa. Semoga bermanfaat.

News Feed