by

China Meluncurkan Platform Explorasi Minyak Terbesar di Dunia

China saat ini dikenal sebagai tidak benar satu negara bersama perkembangan teknologi yang cepat, begitupun pada bidang insutri migas. Negara ini apalagi sudah meluncurkan platform explorasi minyak dengan menggunakan flow meter solar terlepas pantai yang mereka klaim sebagai yang terbesar di dunia saat ini. Platform minyak terlepas pantai berukuran raksasa ini diberi nama “Bluewhale”.

Total ukuran dek yang dimiliki rig offshore ini seluas lapangan sepakbola. Selain berukuran raksasa, Bluewhale miliki sistem pengeboran canggih yang bisa menggapai basic laut pada kedalaman 3.658 meter, dan juga bisa mempunyai bit pengeboran sedalam 15.240 meter ke permukaan kerak bumi.

Bluewale dirancang khusus untuk laksanakan explorasi minyak bumi di laut China selatan, di mana cadangan minyak yang belum dimanfaatkan di tempat tersebut diyakini benar-benar melimpah dan sebagian besar berada pada kedalaman 3000 meter di bawah permukaan laut.

Biaya pembuatan rig offshore raksasa ini menggapai $700 juta, dan terkecuali dikalkulasikan maka harga tersebut setara bersama dua unit pesawat jumbo Airbus A380. Beratnya sendiri menggapai 42.000 ton, dan terkecuali dari permukaan air tingginya setara bersama bangunan 37 lantai.

Menurut perusahaan pabrikannya, yaitu CIMC Raffles, peralatan penunjang kesibukan explorasi yang dimiliki rig ini tergolong mutakhir yang dipasok dari didalam dan luar negeri, seperti dari perusahaan Simens Jerman yang dikenal sebagai produsen alat berat bersama teknologi mutakhir. Kecepatan operasi rig ini apalagi sepertiga lebih cepat dari platform pengeboran terlepas pantai pada umumnya.

Perusahaan pemilik paltform Bluewhale, CNPC, menyebutkan bahwa kegalauan utama pada kesibukan explorasi terlepas pantai ialah masalah lingkukan, terutama tumpahan minyak, Sebelum benar-benar dioperasikan untuk tujuan explorasi, platform ini sudah terutama dahulu melalui masa uji ekstensif.

Baca Juga  5 Varian Boba dan Cara Membuatnya Dengan Mudah

Disisi lain, penyebaran rig pengeboran China di perairan yang disengketakan sudah menyebabkan kegalauan di antara negara tetangganya, terutama Vietnam dan Jepang. Bahkan pada th. 2014, pasukan China bersama Vietnam sempat tegang saat platform Haiyang laksanakan pengeboran di dekat kepulauan Parcel, laut China selatan, di mana ke-2 negara tersebut miliki klaim masing-masing.

Sementara Blueshale merupakan platform explorasi minyak terbesar, untuk rig minyak produksi terbesar di dunia adalah platform terlepas pantai Saklin-1 yang dioperasikan oleh perusahaan asal Rusia. Saklin-1 miliki berat kosong 200.000 ton.

News Feed