by

Efek Samping Air Kelapa Yang Perlu Diketahui

Efek Samping Air Kelapa

Meminum air kelapa terlalu sering memiliki efek samping, lantas apa saja efek samping air kelapa? berikut ulasan selengkapnya!

Pengertian

Kelapa atau ada juga yang menyebutnya dengan nyiur (Cocos nucifera) merupakan anggota tunggal yang berada dalam marga Cocos yang berasal dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Arti kata kelapa atau dalam bahasa Inggris disebut dengan coconut bisa merujuk kepada kesemua pohon kelapa, biji, maupun buah, yang secara botani merupakan pohon dengan memiliki buah, bukan pohon yang menghasilkan kacang-kacangan. Tumbuhan ini digunakan hampir seluruh bagiannya oleh manusia sehingga dipercaya menjadi tumbuhan serbaguna, terutama untuk masyarakat di daerah pesisir. Kelapa juga merupakan sebutan untuk buah yang diperoleh dari tumbuhan ini.

Efek Samping Air Kelapa

1. Bukan Minuman Ideal Untuk Atlet

Efek samping minum air kelapa berlebihan dengan urutan pertama terdapat dalam kandungannya yang tidak begitu cocok untuk atlet. Apabila kalian lebih menyukai air kelapa untuk rehidrasi setelah melakukan olahraga, maka akan lebih baik apabila meminum air putih. Karena jumlah natrium yang terdapat dalam kandungan air putih tidak diragukan lagi lebih banyak dibandingkan dengan yang terdapat di air kelapa.

Kemudian, apabia dibandingkan dengan minuman energi olahraga tertentu, air kelapa mempunyai kandungan karbohidratnya yang jauh lebih rendah, namun mempunyai sepuluh kali lebih tinggi kandungan potasiumnya. Air kelapa hanya memiliki kandungan sepersepuluh sodium apabila dibandingkan dengan minuman olahraga yang lainnya.

2. Meningkatkan Kalori

Efek samping minum air kelapa secara berlebihan yang kedua yakni bisa menaikkan kadar kalori. Pasti Kalian tidak menginginkan kalori yang terlalu tinggi bukan? Walaupun air kelapa tidak terdapat kandungan gula sebanyak minuman olahraga serta jus buah, air kelapa memiliki kandungan yang terlalu banyak kalori. Sedikitnya 11 ons air kelapa bisa terdapat kandungan sampai 60 kalori. Walau kalori tidak akan membahayakan apabila memiliki jumlah rendah, meminum minuman yang tinggi akan kalori secara berlebihan merupakan hal yang tidak disarankan.

Baca Juga  Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban Sesuai dengan Syariat Islam!

3. Memiliki Sifat Diuretik

Efek samping minum air kelapa secara berlebihan dengan urutan ketiga karena memiliki sifat diuretik. Ini merupakan kerugian lain pada saat kalian terlalu banyak meminum air kelapa.

Air kelapa mempunyai sifat diuretik. Jadi, apabila kalian terlalu banyak mengonsumsinya mungkin dapat menjadikan kalian lebih sering bertandang ke toilet dan ini dapat mengganggu aktivitas. Walaupun air kelapa dengan jumlah sedikit mempunyai sifat menghidrasi, terlalu banyak meminumnya bukan merupakan pilihan yang sehat.

4. Menyebabkan Ketidakseimbangan Elektrolit

Efek samping minum air kelapa berlebihan dengan urutan keempat yaitu dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit. Kandungan potasium tinggi yang terdapat dalam air kelapa merupakan salah satu alasan kenapa air kelapa menjadi minuman yang luar biasa. Namun selanjutnya, alasan yang sama dapat menjadikan air kelapa menjadi membahayakan apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Dalam kasus tertentu, seorang pria sudah menghabiskan setiap harinya dengan bermain tenis di bawah cuaca 90 derajat Fahrenheit. Dia kebetulan meminum 88 ons air kelapa, yang menyebabkan kondisi yang disebut dengan hiperkalemia, yang pada akhirnya mengarah ke dalam kondisi yang serius. Hiperkalemia mengakibatkan kelemahan serta pusing, dan juga dalam beberapa menit korban mungkin dapat menyebabkan kehilangan kesadarannya.

5. Bertindak Sebagai Pencahar

Efek samping minum air kelapa secara berlebihan dengan urutan kelima yakni bisa menjadi pencahar. Terlalu banyak meminum air kelapa dapat membahayakan. Minum terlalu banyak air kelapa bisa memberikan efek pencahar ke dalam sistem pencernaan kalian.

Karena air kelapa merupakan pencahar alami, minuman ini bisa jadi tidak cocok beberapa beberapa orang yang mempunyai masalah dengan buang air besar. Oleh sebab itu, perawatan harus dilaksanakan sebelum meminum air kelapa dengan jumlah besar.

Baca Juga  Macam Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit

6. Meningkatkan Gula Darah

Efek samping dalam minum air kelapa secara berlebihan yang selanjutnya yakni bisa menaikkan kadar gula darah. Air kelapa bisa jadi tidak termasuk dalam minuman manis namun tetap memiliki kandungan karbohidrat serta kalori. Orang dengan memiliki gula darah wajib menghindari untuk megonsumsinya setiap hari. Karena ini merupakan minuman yang tidak akan disukai apabila diminum setiap hari.

7. Menurunkan Tekanan Darah Terlalu Banyak

Efek samping dalam mengonsumsi air kelapa secara berlebihan urutan yang terakhir yaitu bisa membuat turun tekanan darah terlalu banyak. Air kelapa bisa membantu penurunan tekanan darah kalian, dan apabila kalian telah meminum obat untuk tekanan darah tinggi, minuman ini mungkin dapat mengakibatkan tekanan darah kalian menjadi terlalu rendah. Itulah mengapa, penting untuk melakukan konsultasi dengan penyedia layanan kesehatan dalam situasi dan kondisi seperti itu.

News Feed