by

Ide Jualan Online untuk Pemula yang Recommended!

Ternyata tidak semua orang mempunyai modal dan niat yang cukup untuk membuka bisnis sendiri, terutama ide jualan online untuk pemula. Terdapat banyak prosedur yang harus dilakukan sebelum akhirnya bisa membuka toko untuk berjualan.

Selanjutnya kami akan memberikan 14 ide jualan online untuk pemula dan disertai dengan penjelasan singkat terkait usaha tersebut supaya anda bisa mendapat gambaran yang lebih jelas.

 

14 Ide Jualan Online untuk Pemula

jualan online

1. Jual Pulsa Online

Ide jualan online untuk pemula yang pertama yaitu berjualan pulsa elektrik yang anda tawarkan melalui media-media online seperti website, baik itu website gratisan semacam blogspot dan wordpress.com, atau juga membuat website sendiri.

Pilihan distributor pulsa yang ada juga cukup beragam, mulai dari melalui provider langsung ataupun melalui tangan kedua seperti Tokopedia yang menyediakan program mitra untuk kebutuhan anda berjualan produk digital.

2. Jual Jasa Bayar Listrik Online

Selain pulsa, anda juga dapat menawarkan jasa pembayaran dan pembelian token listrik secara online melalui distributor yang juga menawarkan layanan terkait, yang juga bisa anda tawarkan melalui website gratisan ataupun website sendiri.

3. Selebgram / Influencer

Salah satu metode yang juga booming diera sekarang ini yaitu menjadi seorang selebgram ataupun influencer. Caranya juga banyak dan tidak hanya harus selfie cantik saja, tetapi bisa juga memposting komik, cover lagu, dan lain sebagainya.

Penghasilan anda nantinya yaitu pada saat ada produk atau brand yang menghubungi dan meminta anda meng-endorse mereka sesuai dengan tarif yang disepakati.

4. Dropshipper Online

Ide jualan online untuk pemula yang lainnya yaitu menggunakan metode dropship yang cenderung minim dan bahkan tanpa modal, di mana dalam teknik ini anda hanya perlu mencari supplier dan menjual produk mereka tanpa perlu menyetok barang.

Baca Juga  Cara Membuat Cold Brew Menggunakan Alat Sederhana dan Variasinya

5. Blogger

Meskipun tidak tergolong “jualan”, menjadi seorang blogger dan mendaftarkan blog anda sebagai publisher Adsense termasuk salah satu cara yang cukup menarik untuk mendapatkan pendapatan semi-pasif.

Dengan menjadi seorang blogger, anda harus menguasai bagaimana membuat artikel yang bermanfaat, banyak dicari, dan menarik untuk dibaca sehingga blog anda akan dikunjungi banyak pengunjung setiap harinya, yang nantinya akan berdampak pada penghasilan anda melalui adsense.

6. Program Afiliasi

Ide jualan online untuk pemula lainnya yaitu mencari program-program afiliasi yang ditawarkan oleh penyedia jasa atau produk di internet, di mana nanti anda akan mendapatkan URL khusus yang bisa anda gunakan.

Nantinya setiap ada yang melakukan klik pada URL tersebut, mereka akan diarahkan ke website supplier, dan apabila mereka memesan atau membeli, maka anda bisa mendapatkan komisi sesuai yang ditetapkan supplier.

Biasanya ini akan ditawarkan oleh penyedia produk digital atau toko online, seperti perusahaan booking untuk kebutuhan hotel, penginapan, dan trravel, atau penyedia layanan web hosting. Untuk anda yang mengerti cara membuat website, baik web statis menggunakan HTML, menggunakan CMS open source seperti Joomla dan WordPress, ataupun pemrograman kompleks menggunakan PHP dan sejenisnya, anda dapat menawarkan kemampuan anda tersebut.

7. Jasa Rakit Komputer

Ide jualan online untuk pemula lainnya yaitu menawarkan jasa rakit komputer, terutama bagi anda yang mengerti mengenai spare part komputer seperti processor, motherboard, RAM, hard disk, dan bagaimana cara merakitnya.

Anda juga dapat menawarkan spare part tersebut secara terpisah, atau membuat paket pc rakitan sendiri yang anda rasa sudah optimal untuk digunakan pada kebutuhan tertentu, seperti PC untuk kantor, PC untuk gaming, PC untuk editing, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Ide Bisnis Online Untuk Pemula Yang Mudah Dilakukan

Baca Juga  Bagaimana Bisnis Pemesanan Hotel Online Seperti RedDoorz Dan Airy?

8. Jasa Penerjemah

Apakah anda mahir dalam berbahasa asing ? Coba tawarkan layanan jasa penerjemah dokumen secara online kepada mereka yang membutuhkan. Kebutuhan akan hal ini juga terbilang cukup tinggi sehingga prospeknya juga sangat baik.

Ini biasanya akan berlangsung 2 sisi, entah anda akan diminta menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa asing atau juga sebaliknya, serta terkadang anda akan diminta secara spesifik memahami terminologi dari suatu industri supaya bisa diterjemahkan dengan tepat.

9. Jasa Penulis Artikel

Apabila menurut anda menjadi blogger dirasa terlalu lama dalam menghasilkan uang-nya, maka anda bisa menjual jasa penulisan artikel melalui situs-situs marketplace bagi para freelance seperti projects.co.id, sribulancer, dan lain sebagainya.

Dalam menulis artikel yang biasanya akan ditempatkan di website ini, anda harus memahami bagaimana menulis yang benar sesuai kaidah SEO, mulai dari pengulangan kata kunci yang proporsional, judul meta untuk gambar artikel, dan lain sebagainya.

10. Jasa Desain Grafis

Anda yang menguasai desain grafis menggunakan Photoshop, Ilustrator, ataupun Coreldraw juga bisa menawarkan keahlian tersebut untuk menawarkan jasa desain poster, flyer, spanduk, dan kebutuhan yang lainnya.

11. Jasa Editing Video

Seperti halnya desain grafis, anda yang menguasai editing video bisa menggunakan Adobe Premiere, Vegas Pro, atau bahkan Filmora juga dapat menawarkan  keahlian anda tersebut.

Baik untuk kebutuhan membuat video slideshow pernikahan, editing video profil perusahaan, editing video untuk jualan, dan lain sebagainya dapat anda tawarkan kepada calon pelanggan.

12. Jasa Fotografi

Ide jualan online untuk pemula lainnya yaitu dengan menawarkan jasa fotografi kepada mereka yang membutuhkan, terutama bagi anda yang memiliki kamera DSLR dan sekelasnya serta menguasai teknik fotografi yang baik dan benar.

Anda tidak harus menjadi fotografer yang datang langsung ke lokasi, tetapi anda juga bisa menjual foto-foto hasil jepretan sendiri yang berkualitas ke website-website penyedia foto stok, atau bagikan ke website penyedia foto gratis dan berharap anda bisa mendapatkan tip dari mereka yang menggunakan foto anda.

Baca Juga  Memilih Supplier Daging

13. Jual Barang Bekas

Apakah anda mempunyai banyak barang bekas seperti kaos, buku, mainan, dan lain-lainnya yang masih bagus tetapi tidak terpakai lagi? Nah, jual saja barang-barang tersebut melalui marketplace pilihan anda dengan harga yang menarik.

Jangan salah, ternyata banyak juga yang mencari barang-barang bekas alias seken di internet, terutama jika harganya murah dan kualitasnya masih baik.

14. Jasa Sablon Kaos

Berhubung saat ini sudah semakin marak penyedia sablon kaos online, anda juga bisa menghubungi mereka untuk menanyakan soal kerjasama dan bagaimana prosedur yang mereka terapkan.

Tentunya anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai teknik sablon, jenis-jenis tinta sablon, dan berapa harga yang pantas untuk menjual layanan tersebut.

 

 

Apapun yang anda pilih dari 14 ide jualan online untuk pemula di atas, yang terpenting yaitu kemauan anda untuk terus belajar mengenai bisnis pilihan tersebut, dan terus menerus mengevaluasi strategi sertia tidak mudah patah semangat.

Memulai bisnis sendiri itu memang tidaklah mudah, dan benar-benar membutuhkan pengorbanan yang besar terlebih dahulu, mulai dari waktu, tenaga, hingga uang. Tetapi hasilnya juga bisa dibilang akan sangat dirasakan selama anda tidak menyerah di tengah jalan.

Carilah informasi sebanyak-banyaknya melalui internet dan media lainnya terkait bisnis pilihan anda tersebut, dan coba terapkan sendiri. Semoga artikel kami terkait ide jualan online untuk pemula ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi anda untuk memulai, dan semoga usaha online yang anda jalankan akan berjalan lancar!

News Feed