by

Jenis-jenis Kopi yang Paling Populer Di Indonesia

Jenis-jenis Kopi

Jenis-jenis kopi memiliki keunikan masing-masing dengan mengetahui jenis-jenis kopi tentunya ketika kita minum salah satunya kita akan semakin menikmati kopi tersebut. Karena tahu karakter dari kopi yang kita minum, istilah jenis kopi ini bisa dikelompokkan pada spesies, varietas, single origin.

Pada dasarnya kopi dibagi menjadi dua bagian, di mana ada jenis kopi yang populer di dunia yang sering dikonsumsi oleh banyak orang, dan ada juga beberapa jenis kopi asli dari Indonesia. Berikut merupakan kopi yang paling populer di Indonesia simak ulasan berikut.

Jenis-jenis Kopi yang Populer Di Indonesia

Beberapa orang menggunakan istilah single origin pada kopi. Single origin merupakan istilah dari kopi hasil budidaya dari suatu daerah tertentu. Istilah tersebut digunakan untuk mengenali karakter kopi di masing-masing daerah. Berikut adalah jenis-jenis kopi single origin Indonesia.

jenis-jenis kopi yang paling populer di indonesia

1. Kopi Gayo

Kopi Gayo ini kopi yang ditanam di tanah Gayo, Aceh. Perkebunan kopi ini terletak pada bukit-bukit di sekitar kota Takengon  dan berada dekat Danau Tawar. Daerah ini dikenal dengan produksi kopi yang kaya dengan cita rasanya karena didukung dengan tanah yang subur.

Kopi Gayo ini sempat mendapat Fair Trade Certified dari organisasi Internasional Fair Trade Coffee pada tahun 2010. Sebelum nama kopi ini menjadi nama Gayo, sempat ada masalah karena nama tersebut telah menjadi hak paten dari perusahaan Belanda, yaitu Holland Coffee. Namun, usaha keras dari masyarakat untuk mendapatkan sertifikasi nama tersebut sehingga masalah dapat terselesaikan, dan nama Gayo resmi dijadikan sebagai salah satu kopi single origin.

2. Kopi Java Preanger

Kopi Java Preanger ini juga sering disebut sebagai kopi malabar atau juga kopi priangan. Kopi ini merupakan kopi pertama yang didatangkan oleh Belanda ke Indonesia. Awal penanaman kopi ini berada di Jakarta, kemudian lama kelamaan di budidayakan di daerah sekitar Priangan, Jawa Barat.

Baca Juga  Cara Membuat Krecek Rambak Kulit Sapi

Nama preanger ini sebenarnya diambil dari nama priangan. Orang Belanda pada masa itu menyebut priangan dengan sebutan preanger. Oleh karena itu kopi priangan pada masa sekarang disebut dengan sebutan kopi Java Preanger.

3. Kopi Mandailing

Kopi ini ditanam di tanah Kabupaten Mandailing Natal, pegunungan Bukit Barisan, Sumatera Utara. Jenis kopi ini termasuk kedalam jenis kopi Arabika. Produksi kopi ini sudah berlangsung sejak tahun 1800-an yang bermula dari adanya sistem kerja  paksa dari pemerintahan Hindia Belanda.

4. Kopi Bali Kintamani

Bali juga merupakan daerah penghasil kopi yang memiliki daya tarik di dunia. Daerah Kintamani merupakan daerah utama penghasil kopi di Bali, Kabupaten Bangli. Kopi Bali Kintamani ini jugatidak kalah saing dengan perkopian lainnya.

Para petani kopi di perkebunan Kintamani menggunakan sistem pertanian tradisional yang bernama subak abian. Subak abian ini memegang filisofi dari agama Hindu yaitu Tri Hita Karana. Filosofi ini mengartikan bahwa ada sebuah keharmonisan dalam alam, sehingga kopi yang dibuat ini tidak menggunakan agrokimia dan hasil dari kopi ini menjadi kopi organik.

5. Kopi Sidikalang

Kopi ini dibudidayakan di daerah pegunungan Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Nama Sidikalang ini diambil dari daerah tersebut, nama sidikalang ini cukup terkenal di kalangan para pecinta kopi single origin.

Sidikalang juga terkenal sebagai varietas dari jenis kopi arabika. Hal yang menarik adalah kopi Sidikalang ini turunan langsung dari varietas typica yang dibudidayakan di Indonesia dari hasil bibit yang pertama kali dibawa oleh Belanda dari sistem kerja paksa.

6. Kopi Papua Wamena

Kopi Papua Wamena ini ditanam sekitar perkebunan di sepanjang lembah Baliem. Lembah tersebut berada di Timur Gunung Jayawijaya yang mengelilingi kota Wamena. Kopi ini memiliki cita rasa yang khas juga tidak kalah dengan kopi-kopi lain. Bahkan tingkat adiksi kopi ini juga rendah, sehingga tidak mengakibatkan sakit pada lambung bagi orang yang baru pertama kali mencoba kopi. Aroma pada kopi ini juga memiliki ciri khas dan sensasi dari bunga yang wangi.

Baca Juga  Apa Kelebihan Dari Konsep Desain Rumah Tropis ?

7. Kopi Toraja

Kopi dari perkebunan tanah Toraja ini juga tidak kalah enak dengan jenis kopi single origin lainnya. Kopi dari hasil produksi Toraja ini terkenal dengan tingkat keasaman yang cukup tinggi. Beberapa orang menyukai kopi dengan tingkat keasaman yang cukup tinggi seperti ini. Cita rasa yang didapat dari kopi ini berasal ari pasca panen kopi.

Para petani di Toraja menggunakan sistem pertanian tradisional untuk memproses hasil panen dengan proses giling basah. Proses giling basah ini juga terkenal di kalangan internasional dengan wet hulling atau semi wet.

8. Kopi Flores Bajawa

Kopi Flores Bajawa ini ditanam di sekitar Bajawa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Kopi Bajawa ini merupakan salah satu varietas dari kopi arabika. Tanah Flores yang mengandung banyak abu dari gunung berapi yaitu tanah andosol ini sangat bagus untuk dibuat budidaya kopi organik. Karena menggunakan tanah andosol, cita rasa yang khas dari kopi Bajawa ini sangat authentik  dan mengandung aroma alami.

Itulah beberapa dari jenis-jenis kopi yang paling populer di Indonesia semoga bermanfaat dan membantu Anda bagi pecinta kopi khas Nusantara. Anda juga bisa berjualan dengan usaha yang lain seperti peluang bisnis bawang goreng.

News Feed