by

Jenis Makanan Sapi

Jenis makanan sapiMemiliki peternakan sapi adalah bisnis yang menguntungkan karena ada prospek yang baik untuk memelihara ternak, terutama sapi modern atau limusin. Selain itu, kegiatan yang dilakukan tidak membosankan, keuntungan yang diperoleh dapat diperoleh dari penjualan per kapita.

Namun keberhasilan usaha ternak sapi ini dapat dipengaruhi oleh tiga faktor utama. Diantaranya adalah ternak (breeding), pakan ternak (feeding), dan yang ketiga adalah manajemen yang baik. Bibit sapi yang berkualitas dapat tumbuh dengan cepat untuk menghasilkan produk yang maksimal.

Berbicara tentang bibit sapi, erat kaitannya dengan tujuan kita beternak. Sebagai usaha pembibitan sapi, penggemukan sapi atau kombinasi keduanya. Untuk usaha peternakan, sapi bali betina atau sapi PO betina adalah contoh dari indukan yang berkualitas.

Kedua jenis sapi tersebut memiliki tingkat kesuburan yang tinggi.
Sedangkan untuk pejantan sebaiknya memilih sapi Limousin atau Simmental yang dikenal sebagai sapi dengan kualitas terbaik. Selain benih, optimalisasi produk juga sangat dipengaruhi oleh pakan dan manajemen pakan yang terintegrasi.

Tanpa pemberian pakan yang terintegrasi, bibit ternak yang berkualitas pun tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Demikian juga pakan merupakan salah satu sarana penggemukan sapi yang paling penting dan strategis.

Penting untuk memperhatikan posisi pakan, karena pakan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap pertambahan bobot badan ternak. Pakan ini dibutuhkan oleh sapi sebagai bahan pokok untuk kehidupan, pertumbuhan, produksi daging dan reproduksi.

Pakan sapi meliputi semua bahan pakan yang dapat diberikan dan dimakan oleh ternak dan tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan jika dimakan oleh ternak. Setiap hari, kebutuhan jumlah pakan untuk sapi berbeda-beda. Hal ini tergantung pada jenis atau jenis ternak, umur dan tahap pertumbuhan ternak (dewasa, bunting atau menyusui).

Baca Juga  Cara Membuat Seblak Kerupuk Kering yang Enak dan Mudah

Jenis Makanan Sapi

Jenis Makanan Sapi

Kacang-kacangan atau polong-polongan, rerumputan dan limbah pertanian dari tanaman pangan merupakan sumber serat pangan bagi ternak. Kualitas hijauan dipengaruhi oleh umur tanaman, jika tanaman hijauan dipanen saat sudah tua maka kualitas hijauan tersebut buruk.

1. Rumput Bengal atau Panicum Maksimum. Ini adalah rumput yang populer untuk ternak dan memiliki nutrisi yang baik. Ketinggian rumput bengal bisa mencapai 2 meter.

2. Rumput Gajah Hawaii atau Pennisetum Purperium. Ini termasuk rumput, yang disukai oleh ternak dan memiliki daya produksi yang tinggi. Ketinggian rumput gajah juga bisa mencapai 2 meter.

3. Setaria atau Sphacelata. Selain sebagai rumput favorit untuk ternak, juga merupakan rumput kering. Rumput setaria dapat tumbuh setinggi 1,5 meter.4. rumput raja atau rumput kerajaan. Merupakan rumput yang tumbuh dari persilangan Rumput Gajah. Namun, ia memiliki jangkauan produksi yang lebih tinggi daripada rumput gajah. Selain itu, rumput raja juga tidak mekar.

BACA JUGA

Pakan penggemukan sapi dari legum (kacang-kacangan)

1. Lamboro atau Leucaena leucocephala. Ini adalah tanaman yang memiliki banyak fungsi. Tidak hanya mengandung pakan favorit ternak, tetapi juga kaya akan sumber protein untuk kebutuhan ternak. Saat memberi makan sapi, Lamboro digunakan sebagai pakan majemuk.

2. Gamal atau Gliricidea Maculate. Merupakan tumbuhan polong-polongan yang biasa ditanam sebagai tanaman pagar. Memiliki daun yang bagus untuk pertumbuhan ternak. Sebelum dikonsumsi sebagai pakan ternak, daunnya terlebih dahulu dilayukan.

3. Desmodium atau Desmodium rinsonii. Merupakan legum pohon dengan daun membulat. Desmodium tinggi protein untuk ternak dan merupakan hijauan yang disukai untuk ternak.

4. Kaliandra. adalah legum pohon yang ditanam sebagai campuran pakan rumput ternak serta penambah protein untuk pakan ternak.

Baca Juga  Simulasi Gadai BPKB Mobil Di Indonesia

5. Centro atau centrocema pubescens. adalah legum yang tumbuh menutupi tanah.

Kemudian limbah pertanian tanaman pakan ternak yang dapat dijadikan pakan ternak misalnya jerami jagung, jerami padi, jerami kacang tanah. Namun, kualitas limbah pakan pertanian ini lebih rendah dari rumput, kecuali limbah kacang-kacangan.

Konsentrat atau fortifikasi hijauan dibutuhkan dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan pakan berserat. Berikan konsentrat kepada ternak hanya sebagai pelengkap kebutuhan nutrisinya. Contoh konsentrat tersebut adalah dedak jagung, dedak padi, bungkil kacang tanah, bungkil kelapa, bungkil biji kapuk, bungkil kedelai dan ampas tahu.

Sekian ulasan pembahasan tentang jenis makanan sapi, semoga bisa menambah wawasan Anda. Selamat membaca terimakasih!

BACA JUGA

News Feed