by

Kelas Standar BPJS Kesehatan Akan Dihapus

-Informasi-30 views

Pemerintah akan melaksanakan penghapusan kelas standar BPJS Kesehatan meliputi kelas 1, 2, serta 3.

Berita ini menindaklanjuti rumor maupun rencana penghapusan kelas BPJS yang sudah bergulir sebagian waktu kemudian.

Selaku gantinya, pemerintah tengah mempersiapkan program Kelas Rawat Inap Standar( KRIS).

Maksudnya seluruh kelas BPJS Kesehatan hendak sama, demikian juga dengan bayaran iurannya.

Bersumber pada penjelasan Pimpinan Komisi Kebijakan Universal Dewan Jaminan Sosial Nasional( DJSN), Iene Muliati, grupnya masih menggodok regulasi tersebut serta ditargetkan rampung pada akhir Juni ini.

Sedangkan buat perhitungan tarif kepada pihak rumah sakit serta besarnya iuran yang dibebankan kepada warga masih dalam sesi ulasan.

“Pembiayaan masih dalam proses,” ucap Iene mengutip dari web Cnbcindonesia. com( 7/ 06).

Pelaksanaan Tarif Tunggal BPJS Kesehatan

Pemerintah sendiri terus berupaya memaksimalkan layanan BPJS Kesehatan yang diberikan kepada warga. Salah satunya lewat tarif tunggal ini.

Iene mengatakan kalau pelaksanaan tarif tunggal BPJS Kesehatan hendak diberlakukan pada Juli mendatang di sebagian rumah sakit vertikal.

Tidak hanya itu, mereka pula hendak memantau implementasi serta persiapan rumah sakit yang lain.

“Rencana implementasi senantiasa cocok dengan yang sudah di informasikan lebih dahulu. Diawali bulan Juli 2022 di rumah sakit vertikal dengan 9 kriteria( Dari 12 kriteria) terlebih dulu,” tambahnya.

Evaluasi Terhadap Kesiapan Rumah Sakit

Sedangkan di sisi lain, pihak Pemerintah lewat Departemen serta DJSN terus melaksanakan evaluasi terhadap kesiapan rumah sakit, paling utama dalam segi infrastrukturnya.

Evaluasi tersebut pula hendak mengaitkan asosiasi profesi, asosiasi rumah sakit, dan faskes yang lain. Sampai dikala ini, ada 34 rumah sakit vertikal yang tersebar di segala Indonesia.

DJSN hendak mempraktikkan regulasi tarif tunggal terhadap 50% dari jumlah rumah sakit vertikal tersebut.

Baca Juga  Pentingnya Penggunaan Tiang Lampu Untuk Jalan

“Dikala ini terdapat 34 rumah sakit vertikal, jika 50% berarti sekira 17- 18 rumah sakit dulu yang hendak diterapkan di bulan Juli,” tambah Iene.

Program KRIS, Pengganti Program Kelas BPJS

Semacam yang pernah disinggung lebih dahulu, program kelas BPJS Kesehatan hendak digantikan dengan Kelas Rawat Inap Standar( KRIS).

Bersumber pada penjelasan Pimpinan DJSB, Andie Megantara, pada Maret kemudian, program KRIS hendak diterapkan pada rumah sakit yang penuhi 12 kriteria yang sudah didetetapkan.

“ Pada dasarnya, peraturan JKN hendak terdapat satu kelas ialah Kelas Rawat Inap Standar ataupun KRIS JKN. Sebagaimana kami sampaikan pada peluang terdahulu KRIS mempunyai 12 kriteria, luas serta jarak antar tempat tidur. Serta itu kami telah sampaikan dalam 12 kriteria tersebut. Jadi, sepanjang Rumah sakit penuhi kriteria tersebut, kelas yang terdapat dikala ini tercantum program KRIS JKN,” jelasnya

News Feed