by

Keunggulan Perbankan Syariah

Banyak yang menyaksikan perbankan syariah belum benar-benar berkembang dan diminati dibandingkan bank konvensional. Namun terhadap faktanya, apa yang di tawarkan oleh bank syariah tidak kalah bersama dengan konvensional yang lebih dahulu populer.

Bahkan, perbankan syariah punya beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh perbankan konvensional, dan membuatnya lebih prudence dan juga tahan terhadap guncangan krisis.

Lalu apa saja keunggulan product bank syariah yang belum diketahui banyak orang, beberapa perihal selanjutnya ini mungkin patut Anda simak:

 

1. Fasilitas Selengkap Bank Konvensional

Banyak orang yang berpikiran bahwa sebab perbankan syariah tetap baru, model transaksi yang sanggup dilakukan hanya sedikit. Anggapan selanjutnya dulu mungkin sanggup dimengerti, namun saat ini mirip sekali tidak benar.

Bank Syariah saat ini benar-benar modern. Semua model transaksi jadi dari tabungan, deposito, kredit usaha, kredit rumah, kliring, dan sebagainya sanggup dilakukan bersama dengan nyaman.

Mayoritas Bank Syariah mengakses bersama dengan jaringan online ATM Bersama supaya Anda sanggup tarik tunai dan transfer realtime dari/ke bank lain bersama dengan mudah. Beberapa Bank ada yang menggratiskan cost untuk ini.

Beberapa Bank Syariah yang mengimbuhkan fasilitas Internet Banking, SMS Banking, apalagi kartu kredit syariah supaya lebih praktis.

 

2. Manajemen Finansial yang Lebih Aman

Tragedi finansial kredit subprime th. 2007 hampir tidak menggoyahkan investasi yang berbasis syariah. Di saat banyak bank investasi dan bank-bank besar bangkrut maupun perlu kucuran dana, banyak Bank Syariah baru yang justru bermunculan atau membuka cabang.

Krisis ekonomi justru udah memuktikan bahwa manajemen finansial berbasis syariah jauh lebih safe dibandingkan ekonomi liberal yang dianut bank konvensional.

 

3. Anda Berkontribusi Langsung Memperkuat Bank Syariah

Baca Juga  8 Keuntungan Utama Bisnis Waralaba Untuk Souvenir Perusahaan

Bank konvensional memilih sendiri suku bunga utang maupun simpanan berdasarkan keputusan Bank Indonesia. Ada mungkin meski situasi bank tidak cukup baik, senantiasa sanggup “memberikan” bunga simpanan tinggi dan bunga kredit rendah. Hal ini sanggup membahayakan bank tersebut.

Bank Syariah mengimbuhkan nisbah (“bunga” simpanan) berdasarkan perkembangan finansial perusahaan. Secara tidak langsung Anda jadi “pemegang saham” di Bank Syariah Anda.

Setiap simpanan Anda bakal memperkuat investasi bank. Setiap utang Anda bakal memperkuat keuntungan bank. Semakin usaha Anda berkembang, bank juga semakin berkembang sebab kredit yang diberikan mengfungsikan skema bagi-hasil. Semakin maju bank, semakin banyak pula keuntungan bank yang sanggup dibagikan sebagai nisbah kepada para nasabah.

 

4. Membantu Orang yang Butuh Dizakati

Bank Syariah mengeluarkan 2,5 persen dari keuntungan tahunannya untuk dizakatkan. (Anda sendiri tentunya tetap wajib berzakat jika Anda muslim.) Namun bank konvensional tidak membawa kewajiban berzakat.

Dengan mengfungsikan fasilitas Bank Syariah, secara tidak langsung Anda ikut berzakat dan mendukung mereka yang membutuhkan.

 

5. 100 Persen Halal

Kredit yang diberikan oleh perbankan syariah membawa syarat-syarat yang mewajibkan dana digunakan untuk kesibukan yang halal. Bisnis yang dibiayai bank syariah, juga tidak boleh berisiko mengandung kesibukan yang diharamkan oleh agama Islam.

Hal ini mirip sekali tidak membatasi nasabah bank syariah wajib muslim, justru agama apa pun boleh, asal halal pemakaiannya. Meskipun nasabah selanjutnya muslim, namun terkecuali pemakaian dana atau usaha yang dijalankannya tidak halal, maka dia tidak diperkenankan untuk mengambil kredit di Bank Syariah.

News Feed