by

Khasiat Gula Aren Untuk Lambung

Khasiat Gula Aren Untuk Lambung

Selain dapat menjaga daya dan memberikan energi yang instan pada tubuh, gula aren ternyata juga sangat bermanfaat untuk lambung. Berbagai penyakit lambung dapat diatasi dengan cara mengonsumsi gula aren, seerti asam lambung dan goesentris. Masih ada banyak lagi manfaat gula aren untuk lambung. Beberapa khasiat gula aren untuk lambung akan saya jelaskan pada artikel di bawah ini.

Namun sebelum membahas tentang khasiatnya untuk lambung, tahukah kamu apa itu gula aren? Gula aren adalah gula yang biasa dijadikan sebagai bumbu dapur atau bahkan campuran minuman herbal karena gula aren terkenal memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Pengertian Gula Aren

khasiat gula aren untuk lambung

Penampilan gula aren hampir mirip dengan gula merah, bahkan sering dianggap sama. Padahal sebenarnya itu dua jenis gula yang berbeda. Bentuk gula aren dan gula merah biasanya sama yaitu setengah bola atau berbentuk tabung karena biasanya kedua gula ini dicetak menggunakan cetakan yang sama, yaitu batok kelapa atau bambu.

Perbedaannya terletak pada bahan nira yang digunakan. Gula aren adalah gula yang terbuat dari nira bunga aren jantan sedangkan gula merah adalah gula yang terbuat dari nira bunga kelapa jantan. Dari segi warnanya pun kedua jenis gula ini berbeda, jika gula merah berwarna coklat kemerahan maka gula aren berwarna coklat gelap.

Gula aren dibuat dengan cara memasak nira gula aren yang sudah disaring sampai bersih di dalam sebuah wajan besar selama waktu yang lama, bisa juga sampai beberapa jam tergantung jumlah nira yang dimasak hingga nira tersebut mengental hingga menjadi seberti gulali.

Jika sudah seperti itu maka nira aren akan berubah warna menjadi coklat pekat. Proses selanjutnya yaitu mencetak gula aren dan membiarkannya hingga menjadi keras dan padat.

Baca Juga  Emulator untuk Bermain NDS di Android

Gula aren memiliki rasa yang sangat manis. Namun mesipun begitu, gula aren tidak berbahaya saat dikonsumsi karena terbuat dari bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia serta sangat berkhasiat untuk tubuh. Beberapa khasiat gula aren untuk tibuh antara lain adalah menurunkan berat badan, membersihkan darah, dan mengobati masalah menstruasi.

Selain masih ada banyak lagi khasiat gula aren untuk tubuh, seperti mencegah anemia, mencegah masalah saluran pernapasan, kaya akan antioksidan, meredakan nyeri sendi, meredakan kolesterol, sumber energi untuk tubuh, dan membantu masalah kencing.

Khasiat Gula Aren Untuk Lambung

Wah, banyak sekali bukan khasiat gula aren untuk tubuh? Selain beberapa khasiat yang telah disebutkan di atas, gula aren ternyata juga sangat berkhasiat untuk lambung, lho. Lambung adalah organ tubuh manusia yang berfungsi untuk mencerna makanan.

Fungsi lambung sangat penting dalam proses pencernaan di tubuh. Untuk itu, kita harus senantiasa merawat lambung kita dari bahaya penyekit lambung dengan cara makan makanan sehat dan bersih serta mengupayakan untuk makan dengan teratur.

Jika kamu abai, maka mungkin ada beberapa penyakit yang akan menyerang lambungmu. Namun jangan khawatir, berbagai penyakit lambung dapat disembuhkan dengan mengonsumsi gula aren. Siapa sangka, gula aren memiliki banyak sekali khasiat untuk tubuh dan juga untuk lambung?

Selain berkhasiat untuk lambung, manfaat gula aren untuk pria juga sangat banyak, lho.

Jika sudah penarasan, di bawah ini akan saya bahas beberapa khasiatnya untuk lambung. Beberapa khasiat gula aren untuk lambung, antara lain adalah:

1. Mengatasi Asam Lambung

Asam lambung adalah penyakit lambung yang sering sekali terjadi. Asam lambung atau yang biasa disebut maag ini disebabkan oleh naiknya produksi asam di lambung. Biasanya hal ini bisa terjadi jika telat makan atau memakan makanan yang kotor dan mengandung bakteri.

Baca Juga  Harga Filter Air Hydro

Lambung memanglah memproduksi zat asam yang berguna untuk mencerna dan menghancurkan makanan yang masuk, namun harus dalam jumlah normal. Jika sampai berlebihan bisa sampai menyebabkan iritasi dan kerusakan otot pada dinding lambung. Sehingga kita akan merasakan rasa sakit pada lambung.

Untuk itu asam lambung atau maag harus segera diobati, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi gula aren. Gula aren mengandung riboflavin yang bisa mengatasi naiknya produksi asam lambung sehingga tidak akan menyebabkan penyakit berbahaya lainnya yang disebabkan oleh naiknya asam lambung.

2. Dapat Mengatasi Gastroentritis

Khasiat gula aren untuk lambung selanjutnya adalah dapat membantu mengatasi gastroenteritis. Gastroenteritis adalah suatu penyakit yang menyerang lambung dan terjadi akibat infeksi bakteri atau virus. Kondisi ini akan menyebabkan tubuh penderita gastroentritis menjadi lesu atau lemas.

Pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah gastroenteritis adalah dengan membiasakan makan makanan sehat yang bersih sehingga tidak ada bakteri atau virus di dalamnya. Namun jika sudah terjadi, kamu jangan khawatir karena gastroenteritis bisa diatasi dengan mengonsumsi gula aren.

Sebenarnya gula aren hanya membantu mengatasi gejala yang timbul karena penyakit ini seperti lemas dan lesu dengan cara menyeimbangkan cairan dalam tubuh dan menambah energi, bukan untuk mengatasi infeksinya. Untuk itu, kamu harus segera ke dokter untuk mencari obatnya.

3. Menyamankan Lambung

Berbagai masalah lambung dapat memberikan rasa sakit dan kurang nyaman pada lambung, seperti nyeri pada daerah lambung. Tahukah kamu jika gula aren dapat berfungsi untuk menyamankan lambung?

Kamu dapat mengonsumsi gula aren saat lambung sedang bermasalah, sehingga lambungmu akan kembali terasa nyaman. Selain itu, gula aren memiliki rasa yang sangat manis, dan itu bisa membuat mood menjadi lebih baik.

Baca Juga  Fakta Unik yang Membuat Balikpapan Jadi Kota Idaman

4. Mengurangi Rasa Mual

Khasiat gula aren terakhir yang akan kita bahas di artikel ini adalah dapat menguragi rasa mual. Mual saringkali terjadi pada ibu hamil ataupun orang yang sedang sakit. Ketika mual, maka kita akan merasakan tidak nyaman pada lambung kita dan merasa seperti akan memuntahkan kembali makanan yang kita makan.

Jika terjadi terus menerus, maka akan mengakibabkan tubuh lemas dan tidak memiliki energi. Untuk itu mual harus segera diatasi, salah satu caranya adalah dengan gula aren.

Gula aren dapat membantu menghilangkan rasa mual yang jika terus berlanjut maka akan menyebabkan kondisi sakit pada lambung semakin parah. Hal itu karena rasa manis pada gula aren dapat mencegah mual sehingga kondisi lambung akan kembali nyaman.

Itulah beberapa khasiat gula aren untuk lambung. Setelah mengetahui sebarapa banyak khasiat gula aren untuk lambung, maka kamu tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi gula ini dan menggantikannya sebagai pemanis pengganti gula pasir.

Kamu bisa mengonsumsi gula aren secara langsung maupun dengan dibuat minuman untuk mendapatkan beberapa manfaat tersebut. Cara membuatnya sangat mudah. Yaitu ambil secukupnya gula aren pada gelas lalu tuang air panas dari termos. Aduk aduk hingga gula aren larut. Sebaiknya minuman gula aren ini diminum saat masih hangat.

News Feed