by

Makanan Terbaik Ikan Arwana Agar Cepat Berkembang

Makanan terbaik ikan arwana. Bagi para peternak ikan hias atau suka sekali ikan hias mungkin tak asing lagi dengan ikan arwana ini. Punya sisik dan tubuh yang beraneka macam, ikan arwana sering di pelihara sebagai ikan hias. Menjadi ikan yang memiliki warna cantik, kini ikan arwana dijual dengan harga tinggi. Merawat ikan ini terbilang tidak mudah, karena pakan dari arwana sendiri harus sesuai.

Memeliharanya pun perlu sedikit budget lebih, dikarenakan kebutuhan ikan ini sangat banyak dan perlu ketelitian. Salah sedikit saja dapat mengakibatkan ikan sakit bahkan mati. Untuk mendapatkan warna dan corak tubuh arwana yang cantik, pastikan Kamu memakai pakan yang sudah dipilih. Pakan-pakan tersebut bisa meliputi pakan organik, hewan kecil, atau serangga.

Nah, berikut ini, daftar pakan ikan arwana yang dapat kamu pilih. Kamu bisa membeli, membuat, atau budidaya pakan ikan arwna ini. Untuk membuat pakan ikan arwana jenis pelet kamu bisa memakai mesin pelet ikan untuk membuatnya. Selain lebih mudah, proses pengerjaan menggunakan mesin juga terbilang cepat. Hasil dari membuat pelet menggunakan mesin juga bagus, kamu dapat mengatur sendiri ukuran dan diameter pada pelet.

Makanan Terbaik Ikan Arwana yang Sudah Dipilih

Makanan terbaik ikan arwana

Daftar pakan ikan arwana dibawah ini, sudah dipastikan terpulih, baik serta paling banyak digunakan. Berikut ini daftarnya :

1. Pelet Arwana

Pelet merupakan pakan ikan hias atau ikan air tawar yang paling sering digunakan para peternak ikan. Kamu dapat menemukan pelet ini di toko-toko pakan hewan atau toko online. Jika tidak ingin membeli pelet, Kamu juga bisa membuatnya sendiri. Membuat pelet agar lebih bagus bentuknya dan sesuai ukurannya dapat menggunakan mesin pembuat pelet ikan.

Baca Juga  Tips Membuat Aneka Milkshake

Pelet ini terbuat dari olahan makanan organik yang dicampur dengan vitamin ikan. Tetapi pelet ini digunakan sebagai selingan makanan arwana, karena ikan arwana biasanya diberi hewan yang masih hidup, seperti kodok, serangga, cacing dan masih banyak lainnya. Dapat dibilang, bahwa pelet ini merupakan asupan tambahan atau vitamin bagi ikan arwana.

2. Cacing Beku / Cacing Sutra

Makanan ikan arwana berikutnya yakni cacing sutra atau cacing beku. Cacing ini bisa kamu temukan di beberapa toko ikan hias. Ini adalah salah satu menu favorit bagi ikan arwana yang masih kecil. Jenis makanan ikan arwana kecil ini mempunyai tekstur yang lunak sehingga tidak akan menyulitkan anak ikan arwana yang sedang tumbuh.

Tidak diragukan lagi, cacing sutra memang mempunyai kandungan nutrisi yang sangat baik bagi ikan hias terutama ikan arwana. Kandungan nutrisi seperti lemak, dan protein yang tinggi akan mempercepat pertumbuhan bagi arwana kecil.

3. Jangkrik

Salah satu serangga yang paling favorit untuk menjadi makanan utama ikan arwana adalah jangkrik. Jangkrik sendiri memiliki kandungan nutrisi seperti beta carotene yang dipercaya baik untuk ikan arwana. Jenis arwana yang memiliki warna menyala seperti arwana golden red ini sangat dianjurkan diberi pakan jangkrik.

Jangkrik dapat merangsang warna pada ikan arwana agar terlihat lebih cerah. Jangkrik yang baik untuk diberikan makan arwana adalah jangkrik muda atau jangkrik dengan ukuran yang agak kecil. Sebelum memberikan pada ikan arwana, jangan lupa potong kaki-kaki jangkrik untuk menghindari luka pada ikan arwana.

4. Udang

Pemberian makan udang berfungsi untuk pertumbuhan dan pembentukan warna cerah pada ikan arwana. Jenis arwana silver dan golden red ini termasuk jenis yang menyukai udang sebagai pakannya. Udang yang diberikan haruslah udang yang segar, kalau bisa udang yang masih hidup sehingga arwana tidak kehilangan sifat predatornya.

Baca Juga  Cara Membuat Yoghurt Dengan Susu Uht Yang Enak

Jangan memberikan udah yang sudah beku apalagi udang yang busuk. Hal itu akan mempengaruhi kandungan nutrisi yang terdapat pada udang yang diberikan sehingga tidak akan memberikan efek kepada ikan arwana. Sebelum memberikan makanannya, kamu harus membuang sungut udang agar ikan arwana tidak terluka pada saat memakannya.

5. Kodok / Katak

Pakan ikan arwana ini sangat sering dipakai para pengoleksi ikan hias jenis arwana. Kodok sangat baik bagi arwana karena memilki banyak protein. Pakan ini juga mudah didapatkannya, Kamu bisa mencari disawah atau membeli dipasar hewan. Tetapi pastikan kamu memakai kodok atau katak yang masih kecil yaa. Agar arwana tidak kesulitan saat menggigit dan menelannya.

Dihabitat aslinya, arwana juga memangsa kodok yang masih kecil. Sehingga tidak heran bila arwana menyukainya. Jenis kodok yang biasa digunakan yakni jenis kodok sawah, karena bentuknya yang kecil serta mendapatkannya juga mudah. Kodok sangat bagus untuk arwana yang sudah besar.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai makanan terbaik dan paling sering digunakan untuk ikan arwana. Sebenarnya masih banyak pakan ikan arwana yang bisa kamu gunakan, contohnya kelabang, belalang, ikan kecil, dan masih banyak lainnya. Namun, diatas ini makanan yang paling sering digunkan saja.

Sekian penjelasan diatas, semoga dapat bermanfaat dan membantu kamu dalam memilih pakan yang baik untuk ikan arwana dirumahmu. Jika terdapat salah kata maupun informasi, mohon maaf. Karena penjelasan diatas merupakan kalimat modifikasi yang bertujuan untuk edukasi bersama. Terimakasih.

News Feed