by

Manfaat Dalam Air Kelapa Yang Perlu Diketahui

Manfaat Dalam Air Kelapa

Air kelapa memiliki manfaat untuk kesehatan, lantas apa saja manfaat dalam air kelapa? langsung saja kita simak ulasannya berikut!

Pengertian

Kelapa atau ada juga yang menyebutnya dengan nyiur (Cocos nucifera) merupakan anggota tunggal yang berada dalam marga Cocos yang berasal dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Arti kata kelapa atau dalam bahasa Inggris disebut dengan coconut bisa merujuk kepada kesemua pohon kelapa, biji, maupun buah, yang secara botani merupakan pohon dengan memiliki buah, bukan pohon yang menghasilkan kacang-kacangan. Tumbuhan ini digunakan hampir seluruh bagiannya oleh manusia sehingga dipercaya menjadi tumbuhan serbaguna, terutama untuk masyarakat di daerah pesisir. Kelapa juga merupakan sebutan untuk buah yang diperoleh dari tumbuhan ini.

Manfaat Dalam Air Kelapa

1. Memperlambat Penuaan

Ternyata, air kelapa memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan kalian. Ya, khasiat yang terdapat air kelapa untuk kecantikan adalah bisa menjadikan kulit lebih halus serta kelihatan lebih muda. Kandungan sitokinin, salah satu hormon yang terdapat dalam pertumbuhan, dalam air kelapa memiliki manfaat supaya mengatur pertumbuhan, perkembangan, serta penuaan sel.

Hal ini disebabkan karena kandungan sitokinin dalam air kelapa memiliki efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, serta anti-trombotik (anti pembekuan darah). Itu sebabnya, kelapa disebut juga dengan makanan yang dapat menjadi penunda penuaan. Sitokinin bisa menjadi penyeimbang kadar pH yang berada dalam tubuh, menguatkan serta menghidrasi jaringan ikat, dan juga menurunkan risiko penyakit yang berkaitan dengan usia apabila ingin awet muda, minum air kelapa mungkin dapat dijadikan sebagai salah satu caranya.

2. Mengatur Tekanan Darah Dan Kolesterol

Tidak pernah disangka, mengonsumsi air kelapa baik bagi kesehatan jantung, lantaran bisa untuk membantu menaikkan sirkulasi dalam darah, membantu menurunkan tekanan darah tinggi, serta dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung serta stroke. Hal ini disebabkan karena kandungan kalium yang tinggi serta natrium rendah yang terdapat dalam air kelapa.

Baca Juga  Sejarah Domba Dorper

Natrium dapat membantu penurunan kadar gula darah pada orang yang mempunyai tekanan darah tinggi. Alhasil, khasiat yang terdpat dalam air kelapa ini memiliki potensi dalam melakukan pencegahan terhadap terbentuknya penggumpalan darah. Di samping itu, air kelapa juga membantu dalam peningkatan HDL (kolesterol baik).

3. Baik Untuk Kesehatan Pencernaan

Air kelapa dipercaya dapat dijadikan sebagai obat untuk seluruh penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan. Umumnya, air kelapa dipakai sebagai obat untuk diare, gangguan sistem pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, serta gangguan ginjal. Air kelapa memiliki fungsi pada saat kalian terkena diare karena bisa menggantikan cairan yang hilang yang berasal dari saluran gastrointestinal.

Bahkan, osmolaritas yang terdapat dalam air kelapa jauh lebih besar dibandingkan dengan ORS (Oral Rehydration Therapy) yang direkomendasikan oleh WHO sebagai obat untuk diare. Hal ini disebabkan karena di dalam air kelapa terdapat kandungan asam amino, enzim, mineral, serta asam lemak sehingga menjadikannya memiliki osmolaritas tinggi.

Air kelapa juga memiliki kandungan natrium dan klorida yang rendah dan juga tinggi gula serta asam amino. Ini adalah komposisi cairan seimbang yang terdapat dalamminuman untuk membuat pencegahan dehidrasi yang bisa saja terjadi disebabkan oleh gangguan pencernaan.

4. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Minum banyak air sangat bagus bagi kesehatan dalam ginjal. Apabila air putih cukup untuk menjadi pendukung fungsi ginjal, minum air kelapa ternyata lebih memiliki manfaat. Perlu kalian ketahui jika batu ginjal terbentuk pada saat kalsium, asam oksalat, serta komponen lain mengendap kemudian berubah menjadi kristal dan selanjutnya terbawa di dalam urine.

Nah, penelitian yang memiliki judul Prophylactic Effect of Coconut Water yang dilaksanakan pada tikus, memperlihatkan air kelapa ternyata dapat menjadi pencegah kristal untuk menempel dalam ginjal serta saluran kemih. Selain itu, air kelapa dapat menyebabkan berkurangnya pembentukan kristal pada ginjal.

Baca Juga  Cara Membuat Cocofiber Yang Mempunyai Nilai Ekonomis, Mudah Lho!

Hal ini terjadi disebabkan karena air kelapa bisa untuk meminimalisir radikal bebas yang terbentuk disebabkan kerna tingginya kadar oksalat yang berada dalam urine. Walaupun demikian, penelitian yang dilakukan terhadap manusia masih perlu dilaksanakan supaya menguji khasiat air kelapa dalam mencegah batu ginjal.

5. Mendukung Fungsi Organ Tubuh

Kandungan gizi di yang terdapat dalam air kelapa turut mempunyai manfaat terhadap berjalannya kerja organ-organ yang terdapat di dalam tubuh Terbukti, air kelapa merupakan sumber utama dari arginin, yakni asam amino yang bisa membantu untuk dapat mengatasi stres tubuh pada saat kalian berolahraga.

Pada dasarnya, asam amino juga membantu dalam membentuk protein sehingga memiliki manfaat untuk regenerasi sel-sel yang terdapat dalam organ tubuh. Sementara itu, kandungan enzim yang terdapat di dalam air kelapa juga dapat membantu sistem pencernaan serta metabolisme tubuh.

Enzim yang bekerja sebagai pendukung khasiat yang terdapat dalam air kelapa ini adalah asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase, dan lain sebagainya.

6. Menghalau Radikal Bebas

Selama proses metabolisme, tubuh juga mendapatkan hasil berupa sel-sel yang membahayakan seperti radikal bebas. Produksi sel ini dapat menjadi peningkatan pada saat tubuh sedang mengalami stres maupun sakit. Saat terlalu banyak kandungan radikal bebas, tubuh dapat mengalami kondisi stres oksidatif yang bisa mengakibatkan kerusakan dalam sel-sel sehat.

Peneliti menunjukan jika antioksidan yang berada dalam air kelapa memiliki khasiat untuk menjadi pereda efek stres oksidatif ini sehingga dapat melakukan penangkalan terhadap zat radikal yang membahayakan. Akan tetapi, potensi antioksidan pada air kelapa masih perlu untuk diteliti lebih rinci karena belum terdapat penelitian yang menguji potensi yang satu ini pada manusia.

Baca Juga  Fungsi Serabut Kelapa

7. Menggantikan Cairan Tubuh Yang Hilang

Air kelapa adalaj minuman isotonik alami serta dapat untuk memberi banyak manfaat misalnya seperti minuman olahraga yang sudah diformulasi. Kandungan elektrolit yang terdapat dalam air kelapa bisa untuk pengganti cairan tubuh yang hilang saat melakukan olahraga. Akan tetapi, supaya dapat mengembalikan hidrasi agar tubuh tidak menjadi kehilangan banyak cairan, air kelapa wajib dikonsumsi dengan jumlah banyak.

Selain itu, risiko untuk mengalami mual, kenyang, serta sakit perut juga menjadi lebih sedikit apabila minum air kelapa daripada minuman olahraga.  Tentu saja, kandungan elektrolit yang terdapat di dalamnya dapat menjadi pengganti elektrolit yang hilang pada saat melakukan aktivitas.

Air kelapa terbentuk melalui proses alami yang terjadi dalam buah kelapa sehingga lebih sehat apabila dikonsumsi dibandingkan dengan minuman kemasan yang telah diformulasi. Air kelapa bisa untuk kalian buat menjadi alternatif minuman yang membuat sehat tubuh.

News Feed