by

Manfaat Mengonsumsi Buah Kelapa

Manfaat Mengonsumsi Buah Kelapa

Mengonsumsi buah kelapa ternyata memiliki manfaat untuk tubu, lantas apa saja manfaat mengonsumsi buah kelapa? ini ulasannya!

Tanaman Kelapa

Kelapa atau ada juga yang menyebutnya dengan nyiur (Cocos nucifera) merupakan anggota tunggal yang berada dalam marga Cocos yang berasal dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Arti kata kelapa atau dalam bahasa Inggris disebut dengan coconut bisa merujuk kepada kesemua pohon kelapa, biji, maupun buah, yang secara botani merupakan pohon dengan memiliki buah, bukan pohon yang menghasilkan kacang-kacangan. Istilah yang satu ini berasal dari bahasa Portugis serta Spanyol abad ke-16, coco yang mempunyai arti “kepala” atau “tengkorak” setelah tiga lekukan yang terdapat pada tempurung kelapa yang mirip seperti fitur wajah. Tumbuhan ini digunakan hampir seluruh bagiannya oleh manusia sehingga dipercaya menjadi tumbuhan serbaguna, terutama untuk masyarakat di daerah pesisir. Kelapa juga merupakan sebutan untuk buah yang diperoleh dari tumbuhan ini.

Manfaat Mengonsumsi Buah Kelapa

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Serat yang terdapat di dalam daging buah kelapa tidak cuma memiliki fungsi untuk membuat kalian merasa kenyang lebih lama, namun juga bisa untuk memperlancar sistem pencernaan, Selain itu, lemak yang terdapat dalam kandungan daging buah kelapa juga ikut andil dalam melakukan penjagaan terhadap kesehatan dalam usus, dengan cara membantu dalam menyerap vitamin A, D, E, dan K, dan juga melakukan pencegahan terhadap pertumbuhan jamur yang menjadi penyebab infeksi dalam pencernaan.

Tidak berhenti sampai di situ, senyawa MCT (medium-chain triglyceride) yang terdapat dalam daging buah kelapa juga disebut memiliki manfaat supaya dapat menguatkan bakteri baik yang berada dalam sistem pencernaan. Perlu kalian ketahui jika keberadaan bakteri baik ini sangat penting supaya dapat melindungi sistem pencernaan dari peradangan serta sindrom metabolik.

Baca Juga  Klasemen Ligue 1 Tumbangkan Fabregas Cs, Tim Gurem Jadi Pemuncak

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat yang berada dalam daging buah kelapa lainnya berasal dari senyawa mangan dan antioksidan. Senyawa yang satu ini dipercaya bisa untuk mengurangi peradangan, dan juga menjaga sistem kekebalan yang berada dalam tubuh. Selain itu, senyawa MCT yang juga terdapat dalam kandungan daging buah kelapa juga memiliki peran menjadi antijamur, antivirus, serta penghalang munculnya tumor.

Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat yang terdapat dalam daging buah kelapa dalam menaikkan daya tahan tubuh. Walaupun begitu, daging buah kelapa tetap mempunyai banyak manfaat yang baik serta bagus dimakan untuk menjadi hidangan.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat yang terdapat dalam daging buah kelapa lainnya adalah bisa untuk membantu dalam penurunan berat badan. Hal ini disebabkan karena senyawa MCT serta serat yang berada dalam daging buah kelapa, bisa menjadikan kalian merasa kenyang lebih lama, sehingga kalian jadi tidak menginginkan makan yang banyak. Manfaat ini pasti baik bagi orang yang sedang menjalani program diet atau ingin menjaga berat badan pada saat selama bulan puasa.

4. Mendukung Fungsi Otak

Lagi-lagi, senyawa MCT yang berada dalam daging buah kelapa ini juga mempunyai manfaat yang sangat luar basa. Kali ini, manfaat senyawa tersebut adalah dapat membantu dalam penunjangan fungsi otak, sehingga baik untuk dikonsumsi bagi penderita gangguan memori serta fungsi otak, misalnya penyakit Alzheimer. Hal ini disebabkan karena senyawa MCT bisa dijadikan sebagai bahan bakar alternatif glukosa pada tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Lemak yang terdapat dalam kandungan daging buah kelapa bisa menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh, sekaligus membuat turun tingkat kolesterol jahat (LDL). Secara tidak langsung, manfaat yang terdapat dalam daging buah kelapa ini bisa untuk membantu mengurangi risiko terserang penyakit jantung. Selain itu, daging buah kelapa juga mempunyai rantai lemak yang pendek, sehingga tidak bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga  Cara Menanam Padi Inpari 32, Varietas Terbaru Jauh Lebih Maksimal Hasilnya

6. Kaya Akan Mineral

Daging buah kelapa memiliki kandungan beraneka macam mineral yang sangat memiliki manfaat untuk tubuh. Kandungan mineral yang terdapat dalam daging buah kelapa juga dapat membantu kalian dalam memenuhi kebutuhan mineral harian. Beberapa jenis mineral yang terdapat dalam kandungan daging buah kelapa adalah mangan, tembaga, serta potasium.

7. Mengontrol Kadar Gula Darah

Walaupun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, manfaat daging yang terdapat dalam buah kelapa lainnya adalah melakukan pengontrolan terhadap kadar gula darah yang berada dalam tubuh. Akan tetapi, manfaat yang satu ini baru dapat diperoleh apabila kalian mengimbanginya dengan cara menjalani pola hidup sehat yang lainnya, misalnya mengonsumsi makanan dengan memiliki gizi seimbang, olahraga teratur, istirahat yang cukup, serta rutin untuk memeriksakan kesehatan.

News Feed