by

Mau Bangun Rumah Harus Tahu PBB nya, Coba Hitung Yuk!

-Informasi-22 views

rumah

Pajak Bumi dan Bangunan jadi pajak yang harus dilaporkan ketika kamu punya rumah nanti. Sebelum punya rumah pun, kalau kamu sudah punya tanah, pasti sudah tak asing dengan pajak ini. 

Pajak untuk tanah saja, dengan pajak untuk tanah yang sudah ada bangunannya akan berbeda. Untuk kamu yang ada rencana membangun rumah, ketahui bagaimana cara hitung PBB nya. 

Pajak Bumi dan Bangunan

Peraturan tentang Pajak Bumi dan Bangunan ini ada dalam Undang Undang Nomor 12 Tahun 1994, Undang Undang Nomor 12 Pasal 6 Tahun 1985, dan Pasal 2 Ayat 3 1998. Aturan-aturan di dalamnya membahas apa saja yang menjadi dasar dalam perhitungan pajak bumi dan bangunan. 

NJOP atau Nilai Jual Objek Pajak, dihitung berdasarkan ukuran per meter persegi yang menunjukkan harga pasar. Ada juga NJOPTKP atau Nilai Jual Objek Tidak Kena Pajak. Ada NJOPTKP, tentunya ada NJKP atau Nilai Jual Kena Pajak. 

Rumus Hitung Pajak Bumi dan Bangunan 

Ketika kamu menghubungi jasa konsultan pajak Jogja, kamu bisa dibantu dalam menghitung. Tak hanya itu saja, sebab jasa konsultan pajak biasanya akan membantu mendampingi, konsultasi, melaporkan, dan membayarkan sekaligus. 

Itu saja mungkin kurang karena kamu penasaran bagaimana cara hitungnya. 

Untuk menghitung PBB kamu harus tahu rumusnya. 

NJOP = (NJOP Bumi = luas tanah x nilai tanah) + (NJOP Bangunan = luas bangunan x nilai bangunan).

NJKP = 40% dari NJOP atau 20% dari NJOP untuk perhitungan PBB

PBB yang terutang = 0,5% x NJKP (jumlah PBB yang harus dibayar setiap tahun)

Untuk mengetahui berapa besarnya PBB yang harus dibayar Wajib Pajak, memang terlebih dahulu harus tahu berapa NJOP nya. Baru kemudian dihitung NJKP nya, dan didapatkan lah PBB terutang. 

Ada keterangan NJKP bisa 40% dan bisa juga 20%, bagaimana menentukannya?

Tergantung NJOP nya, jika NJOP nya kurang dari Rp1 miliar maka pakai yang 20%. Kemudian jika NJOP di atas Rp1 miliar, NJKP nya 40%. 

Baca Juga  Aplikasi Avago Penghasil Uang, Penasaran ?

News Feed