by

Memilih Supplier Daging

Peran supplier daging pada industri kuliner (hotel, restoran, catering) tidak bisa dianggap remeh. Jika Anda idamkan memajukan usaha Anda maka sebaiknya jangan sembrono memilih supplier.

Mengapa peran supplier begitu penting? Jawabannya simpel : perdagangan di dunia ini terjadi sebab terdapatnya spesialisasi berasal dari tiap-tiap pihak agar nyaris di setiap industri membutuhkan supplier seperti suplier ayam, kecuali kecuali sebenarnya sebuah perusahaan memegang kendali produksi merasa berasal dari hulu sampai hilir.

Kriteria Supplier Daging

Ada banyak model supplier yang berkosentrasi dengan spesialisasi tiap-tiap dan memilik kriteria khusus agar dikatakan sebagai profesional. Tapi untuk supplier daging, setidaknya tersedia enam kriteria yang perlu dipenuhi, yaitu :

-Kualitas barang.
-Kuantitas atau kuantitas barang yang ready stock.
-Kontinuitas (berkesinambungan).
-Bertanggung jawab.
-Fast response.
-Harga yang bersaing.

 Kualitas Barang

Tidak bisa dipungkiri, ini adalah poin paling utama untuk menilai kelayakan supplier daging untuk menjadi mitra perusahaan Anda. Makanan yang lezat dan bergizi tentu dimulai berasal dari kualitas bahan mentahnya sebelum diolah.

Carilah supplier daging yang sudah membawa izin halal MUI dan punyai freezer atau kostorid yang memadai. Supplier daging yang mengutamakan kualitas barang tentu punyai 2 product berbeda, yaitu fresh atau frozen.

 

 Kuantitas Barang

Kuantitas atau kuantitas barang yang ready stock juga merupakan pertimbangan mutlak sebelum memilih supplier daging bagi perusahaan Anda.

Satu atau dua kali stock kosong kemungkinan bisa dimaklumi, tetapi kecuali terjadi terus menerus tentu akan memengaruhi kinerja perusahaan Anda bukan?

Jika sebenarnya supplier Anda tidak punyai stock barang yang bisa memenuhi permohonan Anda maka sebaiknya Anda perlu melacak supplier lain.

 

Kontinuitas

Supplier yang profesional adalah supplier yang mengutamakan kerja serupa jangka panjang atau dengan kata lain terdapatnya repeat order.

Baca Juga  Bagaimana Bisnis Pemesanan Hotel Online Seperti RedDoorz Dan Airy?

Di segi lain, untuk beroleh harga yang lebih murah berasal dari customer biasa (eceran) maka Anda pun juga dituntut untuk melakukan repeat order agar terkait kerja serupa yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

 

 Bertanggung Jawab

Terkadang dalam proses pemesanan sampai pengiriman tersedia hal-hal kecil yang bisa sebabkan daging yang Anda pesan tidak cocok dengan kriteria.

Pilihlah supplier daging yang bertanggung jawab, bermakna siap menerima retur barang kecuali sebenarnya tidak cocok dengan order.

Selain kualitas, ketepatan kuantitas juga perlu diperhitungkan. Pilihlah supplier daging yang siap menerima retur kecuali kuantitas barang yang dikirim melebihi kuantitas pesanan.

 

 Fast Response

Ketika restoran / rumah makan Anda ramai dan sebabkan stock daging yang tersedia di freezer habis maka tidak tersedia langkah lain tak sekedar menghubungi supplier daging pada saat itu juga.

Poin ini terkait dengan poin nomor 2 (ready stock) agar dikala Anda menghubungi pihak supplier maka akan direspon dengan cepat dan pelanggan Anda pun bisa nikmati sajian berasal dari restoran Anda.

Pilihlah supplier yang bisa dihubungi kapan pun dan selamanya sedia kan customer service, apalagi dikala jam istirahat sekalipun!

 

Harga Bersaing

Harga. Ini sangat memilih dalam manajemen keuangan Anda. Jika harga daging berasal dari supplier sudah tinggi maka sudi tidak sudi harga product olahannya pun juga ikutan tinggi.

Hal ini tentu berimbas pada customer Anda. Pilihlah supplier yang membawa harga paling kompetitif agar Anda pun bisa menjajakan makanan dengan harga yang kompetitif pula.

 

Jika 6 kriteria diatas bisa dipenuhi oleh supplier daging Anda maka kinerja perusahaan Anda pun akan makin lama lancar dan bisa mendatangkan profit yang lebih banyak.

Baca Juga  8 Keuntungan Utama Bisnis Waralaba Untuk Souvenir Perusahaan

News Feed