by

Pembuatan Pot Sabut Kelapa Gantung – Jenis Produk Turunan Sabut Kelapa

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang pembuatan pot sabut kelapa, tanaman kelapa memiliki beberapa manfaat. Seluruh bagian pohon kelapa dapat digunakan sebagai bahan dasar produk yang memiliki nilai jual. Tempurung kelapa kering dapat digunakan untuk berbagai kerajinan. Pada kali ini saya akan memberikan cara untuk mengolah sabut kelapa.

Salah satu keunggulan pohon kelapa adalah sebagai bahan dasar pembuatan pot. Pot gantung terbuat dari kelapa yang lembab dan mudah menyerap, pakis kadaka, tanduk rusa, dll.

Pot gantung dapat digunakan tidak hanya untuk menanam jenis paku-pakuan, tetapi juga untuk menanam anggrek yang terlihat alami dan elegan pada anggrek.

Cara Pembuatan Pot Sabut Kelapa

Alat yang Dibutuhkan untuk pembuatan pot sabut kelapa :

1. Pisau
2. Mencukur
3. Pisau besar
4. Mengebor

Bahan yang dibutuhkan saat pembuatan sabut kelapa :

1. Kelapa kering
2. Serat Serat

Langkah Langkah pembuatan pot sabut kelapa:

1. Pisahkan batok kelapa dengan batok kelapa, agar batok tetap berada di dalam batok kelapa.
2. Di daerah pedesaan, batok kelapa biasanya dikupas hingga bersih.
3. Jadi tempurung kelapa masih kusut. Potong menjadi serpihan kelapa kemudian potong lagi bagian atasnya dengan menggunakan pisau.
4. Anda bisa menggunakan mesin pengolah sabut kelapa untuk mempermudah proses pengolahannya.
5. Tandai bagian atas dan bawah dengan tipe x, lalu bor di bagian yang ditandai untuk memasukkan pita batok kelapa.
6. Bor dengan hati-hati pada titik-titik yang ditandai.
7. Ikatkan seutas tali ke dalam setiap lubang kelapa agar semua bagian tempurung kelapa dapat disambung menjadi satu.
8. Dengan gaya dalam terpasang, Anda dapat melakukan hal yang sama dengan ikatan luar untuk bagian tempurung kelapa.
9. Lalu buatlah sambungan dari tali menjadi kuat kemudian letakkan batok kelapa di atasnya
10. Pot dari sabut kelapa siap digunakan atau di perjual belikan

Aneka Jenis Produk Turunan Sabut Kelapa selain Pembuatan Pot Sabut Kelapa

Sabut kelapa memiliki banyak manfaat serta produk yang bisa di hasilkan. ini  merupakan anugerah Tuhan yang diberikan kepada kita. Maka kita juga  harus memaksimalkan potensi tersebut Untuk lebih mensyukuri nikmat Tuhan saya akan memberikan sedikit informasi beberapa manfaat sabut kelapa dalam bentuk produk unggulan yang memilih nilai ekonomi yang tinggi. 

Baca Juga  Kegiatan Ini Bukti Nyata Mahasiswa Yang Kreatif

1. Matras Sabut Kelapa

Matras Sabut Kelapa tersebut berfungsi sangat baik untuk matras kesehatan, orang-orang yang memiliki kecenderungan penyakit pinggang, sangat di saran kan untuk memakai produk matras ini. Sifat yang dimiliki matras tersebut sangatlah lentur, tetapi tidak mudah tertekan, aman bagi orang yang sakit pinggang.

Bahan ini juga cocok sebagai matras untuk bayi, sifatnya yang mampu menyerap bau, menjadikannya tetap nyaman jika pun diompoli berkali-kali. dan juga  untuk matras ini bisa digunakan sebagai sandwich atau campuran untuk membuat lapisan spring bed yang berkualitas.

2. Jok Mobil Sabut Kelapa

Industri otomotif yang terkenal  di dunia, contohnya seperti  Mercedes Benz, Volkswagen Porche, dan Opel di  negara Eropa, ternyata mereka  juga menggunakan sabut kelapa untuk mengisi jok mobil. Bahkan ada beberapa  yang di gunakan untuk jok pesawat terbang.

Salah satu Kelebihan sabut kelapa untuk pengisi jok mobil yaitu sabut kelapa bersifat mempunyai daya lentur yang sangat baik, tahan lama, tidak berbau, dan mempunyai tingkat pencemaran yang sangat rendah (bioderedability).

3. Kasur Sabut Kelapa

Kasur sabut kelapa merupakan perpaduan antara sabut kelapa dan lateks karet, yang bisa menghasilkan sebuah produk yang berkualitas tinggi. Karena kasur ini tidak perlu lagi menggunakan pegas/per,  kelebihan kasur sabut kelapa dan karet ini sudah lentur dan empuk secara alami.

Hasil dari proses pengeritingan serat sabut kelapa dan karet yang secara alami memiliki ketegasan serta kelenturan alami. Kelebihan dari kasur ini juga mempunyai anti bakteri, anti air (terkena air atau ompol anak atau susu anak mudah di bersihkan dan cepat kering.  Jadi bisa dipastikan aman  untuk bayi dan anak-anak

4. Tali Tambang Sabut Kelapa

Apa sih kegunaan tali tambang sabut itu? Tali tambang sabut kelapa sebagai bahan dasar untuk membuat aneka kerajinan berbahan dasar sabut kelapa, seperti tali sabut untuk kerajinan. kegunaan Tambang sabut yaitu untuk tali dadung untuk tali kapal, tali sabut untuk cocomesh dll. Dan bisa dikatakan sebagai tali sabut.

Dan kelapa sebagai bahan dasar utama kedua setelah serat sabut kelapa itu sendiri. Tali sabut kelapa juga mempunyai beberapa variasi lilitan, atau sering disebut dengan ply. Umumnya untuk tali banyak yang menggunakan 2 ply. Kemudian 3 ply dan seterusnya sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga  Menghitung Pajak bagi Pekerja Freelance

5. Cocomesh Jaring Sabut Kelapa

Cocomesh jaring sabut kelapa merupakan salah satu aplikasi dari tali sabut kelapa. cara membuatnya dengan cara dianyam. Polanya bisa menyesuaikan kebutuhan,  contoh seperti membuat ukuran dengan jarak tali 2×2 cm, 3×3 cm, 4×4 cm dan sesuai kebutuhan.

Penggunaan cocomesh lebih sering digunakan sebagai reklamasi tambang. Dan bias mengembalikan area bekas tambang agar menjadi hijau kembali. Cocomesh jaring sabut kelapa bisa di fungsi kan untuk media tanam cover crop yang disebar di atas cocomesh.

dan fungsi lain dari cocomesh bisa mencegah larinya top soil dan dapat mencegah erosi tanah. Dan sangat cocok untuk penguatan tanah pada kemiringan lahan.

6. Coir Net Untuk Pengerasan Jalan

Coir Net hampir sama fungsinya seperti cocomesh, perbedaannya adalah bentuk yang lebih besar dan kokoh. wujud Lain dari Cocomesh ini dibuat dari tali yang besar, biasanya memakai 3 ply. Kemudian dipilih menjadi ikatan yang kokoh dengan ketebalan tali sekitar 1,5 – 2 cm.

Penggunaan Coir Net  ini sering di gunakan untuk teknik pengerasan jalan. yang memakai produk ini kebanyakan dari Negara Korea. Dan kebutuhan dari produk ini masih sangat besar, mengingat produsennya masih terbatas.

7. Sabut Kelapa Peredam Getar Dan Suara

Sabut kelapa ternyata juga bisa digunakan sebagai salah satu peredam getaran dan suara. salah satu kelebihannya adalah menyehatkan dan tidak gatal, tidak seperti rock wool yang banyak digunakan selama ini. Bahannya hampir mirip dengan matras sabut kelapa.

Yang ditempelkan ke dinding atau mendekati sumber getaran dan suara, dan Hasilnya sangat efektif dalam meredam getaran dan suara. Yang memakai alat tersebut adalah untuk studio musik, dan sebagai contoh, kantor Rumah Mesin menggunakan media sabut kelapa untuk mengurangi suara yang berasal dari kendaraan di tepi jalan.

8. Cocosheet Sebagai Rambatan Tanaman

Cocosheet merupakan lembaran sabut kelapa yang dibikin sedemikian rupa, dibuat dengan cara dijahit atau dikeritingkan, kemudian dilapisi oleh bahan latex, ternyata banyak di minati salah satu kegunaannya  bisa digunakan sebagai media rambat tanaman.

Baca Juga  Cara Menanam Jambu Mete dan Budidaya Jambu Mete

Sangat cocok untuk anggrek dan pohon sejenisnya. Banyak juga digunakan untuk aplikasi farming. Dan salah satunya adalah dalam bentuk coir pole seperti gambar di atas

9. Cocopot Pembuatan Pot Sabut Kelapa

Ini adalah cocopot berbahan dasar sabut kelapa, media pot sabut kelapa ini kegunaannya sebagai media tanam langsung. Pot sekaligus media tanam. Cocopot sangat worth it digunakan sebagai pengganti polibag. Pehobis tanaman yang sadar akan lingkungan, dapat dipastikan memilih pot dengan bahan dasar sabut, mengingat itu sangat  praktis dan ramah lingkungan.

10. Keset Sabut Kelapa

Selama ini mungkin kita mengira  hanya mengenal produk sabut kelapa sebagai keset rumah, karena inilah produk yang paling banyak dipakai di masyarakat. ada beberapa contoh produk keset yang diberi contoh nama sesuai kebutuhan kita.

Seperti ucapan welcome, selamat datang, bonjour, Bula dan lain sebagainya. Menambah aura positif jika dipasang di depan rumah atau kantor. dan ada juga Hal lain soal penggunaan keset sabut kelapa. Ternyata juga sabut kelapa banyak dipakai untuk penyaringan merkuri di pertambangan emas. Menurut para petambang emas, media keset lebih efektif untuk penyaringan merkuri

11. Sapu Rumah Sabut Kelapa

Dan selain keset, dan ada juga produk yang paling populer yang ada di rumah-rumah . Yaitu sapu sabut kelapa. sejarah sabut kelapa di Indonesia banyak sekali digunakan untuk membuat keset dan sapu sabut kelapa.

Manfaat keset sabut kelapa yaitu lebih mudah membersihkan kotoran, awet serta tahan lama, selainnya juga ramah dikantong ibu-ibu rumah tangga.

12. Cocopeat Sebagai Media Tanam

Inilah salah satu produk yang bisa jadi primadona untuk eskpor dari produk sabut kelapa. Namanya Cocopeat produk ini merupakan sampingan dari sabut kelapa, fungsi awalnya sebagai filler dan pengikat serat sabut. apabila diurai memakai mesin pengurai, agar lepas dari seratnya.

Cocopeat ini lebih  banyak digunakan sebagai media tanam untuk pembibitan, untuk media campuran kompos, sebagai pengganti wood fiber dan lain sebagainya. Ada juga sebagai bahan arang untuk pengisi batrai.

News Feed