by

Proses Buat Cocomesh Dan Pemanfaatannya Bagi Kehidupan

Proses Buat Cocomesh seperti yang sudah diketahui, pohon kelapa memiliki banyak sekali kelebihan. Mulai dari bagian akar, batang, daun, buah sampai bagian sabut, bahkan seluruh bagian pohon kelapa bisa digunakan. Tak heran jika pohon kelapa dijuluki pohon multifungsi. Salah satu manfaat yang diperoleh dari pohon kelapa yang dapat berguna lainnya ialah jaring pada sabut kelapa. Yakni dapat menjadi bahan dasar untuk membuat cocomesh.

Cocomesh atau coconut coir net adalah bahan yang dihasilkan dari jaring sabut kelapa yang seratus  persen alami. Produk ini sangat ramah terhadap lingkungan dalam membantu proses reklamasi di area tambang, pantai ataupun hutan. Cocomesh jaring sabut kelapa mempunyai sifat yang biodegradable dan juga kuat, sehingga bisa membantu memfasilitasi bagi proses pertumbuhan tanaman yang baru di lahan cocomesh yang umumnya ditempatkan di area lahan bekas tambang atau lahan yang lainnya. Cocomesh ini telah terbukti mampu menghijaukan kembali lahan bekas tambang dan hutan yang sudah gundul. Berbagai perusahaan konsultan hijau telah mulai beralih untuk menggunakan bahan-bahan alami seperti dengan menggunakan Cocomesh.

Sifat pada bahan cocomesh yang terbuat dari sabut kelapa yang dapat menyimpan cadangan air dengan jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan permukaan pada tanah yang ditumbuhi dengan bahan ini dapat menahan kelembapan. Hal tersebut dapat memengaruhi pada struktur tanah sehingga lebih mudah untuk ditanam dengan memakai bibit tumbuhan yang akan ditanam. Selain itu juga, cocomesh sabut kelapa bisa menjadi pengganti tanah pada saat menanam bibit tumbuhan.

Proses Buat Cocomesh Sabut Kelapa

Bahan buat cocomesh :

  • Sabut kelapa yang sudah mengering atau menua

Alat – alat buat cocomesh :

  • Mesin pengurai sabut kelapa
  • Mesin pemintal sabut kelapa

Proses buat Cocomesh Sabut Kelapa :

  1. Persiapkan terlebih dulu sabut kelapa yang sudah lumayan tua
  2. Giling kulit kelapa hingga menjadi sabut dengan memakai mesin dekomposisi sabut kelapa
  3. Keringkan sabut kelapa yang sudah digiling sampai menjadi kering di bawah paparan sinar matahari
  4. Ubah sabut sampai menjadi berupa tali dengan menggunakan mesin pemintal sabut kelapa
  5. Rajut tali hingga menjadi jaring cocomesh sabut kelapa
  6. Cocomesh jaring sabut kelapa sudah siap untuk pakai
Baca Juga  Ide Jualan Keripik Buah dan Tips Supaya Sukses Kedepannya

Kelebihan Cocomesh

Cocomesh mempunyai beberapa kelebihan, di antaranya yaitu:

  • Berasal dari bahan serat yang alami
  • Bahan seratnya memiliki sifat yang kuat, bisa bertahan lebih lama namun bisa terurai dengan cara hayati
  • Mampu menahan air
  • Menurut dari salah satu sumber, cocomesh ini bisa bertahan hingga sekitar 4 tahun dan bisa lebih dari itu
  • Cocomesh juga bisa dijadikan sebagai pupuk tanah
  • Cocomesh ini tidak akan menimbulkan residu yang berbahaya
  • Bisa memperbaiki lahan tanah yang kelembaban telah hilang yang dikarenakan aktivitas tertentu
  • Cocomesh sangat cocok untuk daerah atau daratan yang landai atau pun berbatu, karena mempunyai sifat material yang elastis
  • Memiliki ketahanan terhadap adanya jamur
  • Sangat mudah ketika dibersihkan

Kegunaan Membuat Cocomesh Sabut Kelapa

Cocomesh mempunyai beberapa kegunaan di antaranya berikut ini:

    • Menjadi media pembantu penghijauan kembali di lahan bekas tambang
    • Sangat sesuai bagi daerah lahan bekas pertambangan dan reklamasi di daerah pantai
    • Dapat memperkuat material yang ada di atas tebing
    • Sebagai media untuk mencegah terjadinya erosi tanah
    • Mampu memperkuat tanah
    • Dapat membantu memperkuat rel lintasan kereta api
    • Mampu memperkuat tebing pada jalan maupun jembatan

 

Pemanfaatan Cocomesh

1. Pemanfaatan Cocomesh Di Daerah Tambang

proses buat cocomesh

Pemanfaatan Cocomesh telah terbukti mampu menghijaukan kembali bekas lahan tambang, atau hutan yang sudah gundul. Telah banyak perusahaan konsultan penghijauan bekas pertambangan yang mulai beralih dengan memakai bahan yang alami.

Sifat-sifat dari bahan sabut kelapa yang terbuat berasal dari sabut kelapa, yang bisa menyimpan cadangan air dalam jangka waktu yang panjang, bisa mengakibatkan permukaan tanah yang ditutupi oleh material itu supaya kelembabannya bisa tetap terjaga.

Hal ini mampu memengaruhi struktur pada tanah supaya bisa lebih mudah ditanam dengan menanam menggunakan bibit atau biji tanaman. Selain itu juga, cocomesh bisa menjadi sebagai pengganti tanah pada saat menanam benih atau bibit tumbuhan tersebut.

Baca Juga  Cara Membuat Telur Gulung Bihun yang Enak dan Gampang

Penggunaan produk cocomesh sangat sesuai dengan lahan yang landai maupun berbatu, sebab dilihat dari elastisitas bahannya ini. Contoh yang sudah diterapkan misalnya pada daerah bekas lahan pertambangan.

Penggunaan cocomesh sangat cocok bagi daerah penambangan dengan posisi tanah yang miring. Apalagi cocomesh ini akan sangat efektif pada tanah yang berbatu.

2. Pemanfaatan Cocomesh Di Daerah Penahan Lahan Miring

proses buat cocomesh

Erosi tanah dapat terjadi kapan saja karena disebabkan pengikisan pada bagian permukaan tanah yang  dikarenakan oleh pergerakan air maupun badai migrasi yang mengalir dengan berkecepatan sampai 250 ton per hektar dari atas tanah.

Aliran air hujan yang sangat berlebihan ini bisa mengakibatkan kerusakan terhadap saluran air dan juga selokan. Umumnya kasus ini dapat ditahan oleh dengan bantuan gambut atau rumput yang ada di atasnya namun dengan keadaan yang lain, bibit yang ditanam akan hanyut karena keterbatasan waktu supaya akar tumbuh dengan lebih dalam.

Pada masalah ini, coir net atau cocomesh dapat memainkan peran yang efektifnya. Pada saat bibit rumput yang hanya ditebar di atas jalan, segera akan memberikan perlindungan terhadap tanah.

Dengan seiring berjalannya waktu, akar tanaman bisa mengambil perannya dalam memberikan vegetasi dengan permanen. Jala-jala pada sabut bisa menahan bibit dan mencengkeram tanah, sehingga efektif dapat menahan terjadinya erosi tanah pada saat musim hujan.

3. Pemanfaatan Cocomesh Di Daerah Pengerasan Jalan di Korea

proses buat cocomesh

Di beberapa negara yang terdapat di dunia, khususnya bagi negara Korea cocomesh atau coir nett blanket dijadikan sebagai media pengeras jalan.

Terdapat beberapa perbedaan spesifikasi dari cocomesh yang jenis ini, di antaranya ialah diameter pada jaring lebih besar dari desain pada umumnya.

Baca Juga  Jika Ingin Mendirikan PT Hal Ini Patut Diperhatikan

Berikutnya pada kerapatan dari anyaman jaring yang lebih rapat sehingga bisa kuat untuk dapat membantu menopang beban yang sedang melintas di atasnya.

Produk ini berasal dari bahan limbah sabut kelapa yang berarti sangat aman untuk lingkungan karena mempunyai sifat yang biodegradable atau dapat terurai nanun mempunyai tekstur yang kuat dan mampu bertahan sampai sekitar 4-5 tahun. Bentuk dari anyaman coir-net ini akan menambahkan tampilan visual yang indah jika diaplikasikan pada sebuah taman.

Cocomesh Memasuki Pasar Global

Nama lain dari cocomesh yang biasa dikenal oleh negara Indonesia dengan sebutan coconet, sedangkan untuk negara Korea biasa disebut dengan coir roll/coir net lalu untuk negara seperti India dan Inggris, biasa disebut dengan coir geotextile.

Untuk cocomesh ini sendiri bisa meningkatkan nilai jual pada produk sabut kelapa yang biasanya hanya dijadikan sebagai limbah yang sia-sia karena cara membuat cocomesh ini sendiri juga  terhitung lumayan sederhana.

Bisnis Cocomesh Sabut Kelapa

Alasan mengapa memilih bisnis coocmesh adalah karena banyaknya lahan bekas tambang yang menggunakan media bahan cocomesh sebagai media tanamnya yang didatangkan dari negara India atau Sri Lanka. Padahal, di negara Indonesia adalah negara dengan penghasilan utama dan terbesar cocofiber sebagai media bahan baku untuk membuat cocomesh. Selain itu juga, berupaya untuk dapat meningkatkan kesejahteraan bagi para pengrajin sabut kelapa sebagai penghasilan tambahan yang mempunyai pekerja utamanya adalah sebagai ibu rumah tangga.

Nah itulah penjelasan mengenai tentang proses buat cocomesh sabut kelapa. Dan jika Anda berminat untuk memulai bisnis cocomesh ini kalian harus mempersiapkan segala keperluannya dengan semaksimal mungkin, agar bisnis Anda bisa berjalan dengan maksimal dan penuh dengan segala persiapan. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bisa bermanfaat.

News Feed