by

Resiko Kelapa Untuk Kehamilan Yang Bumil Wajib Tahu

Resiko Kelapa Untuk Kehamilan

Air kelapa ternyata memiliki resiko untuk kehamilan, lantas apa saja resiko kelapa untuk kehamilan? marikita simak ulasannya berikut!

Pengertian

Kelapa atau ada juga yang menyebutnya dengan nyiur (Cocos nucifera) merupakan anggota tunggal yang berada dalam marga Cocos yang berasal dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Arti kata kelapa atau dalam bahasa Inggris disebut dengan coconut bisa merujuk kepada kesemua pohon kelapa, biji, maupun buah, yang secara botani merupakan pohon dengan memiliki buah, bukan pohon yang menghasilkan kacang-kacangan. Tumbuhan ini digunakan hampir seluruh bagiannya oleh manusia sehingga dipercaya menjadi tumbuhan serbaguna, terutama untuk masyarakat di daerah pesisir. Kelapa juga merupakan sebutan untuk buah yang diperoleh dari tumbuhan ini.

Resiko Kelapa Untuk Kehamilan

1. Gangguan Irama Jantung

Dikutip dari laman WebMD, air kelapa memiliki kandungan kadar kalium yang teramat tinggi. Tingginya kadar kalium yang terdapat dalam kandungan air kelapa yang satu ini bisa mengakibatkan terjadinya gangguan irama dalam jantung. Hal ini sering ditandai dengan memperlambat detak pada jantung.

2. Tekanan Darah Rendah

Air kelapa juga bisa membuat penurunan tekanan dalam darah. Ibu hamil dapat sering menjadi lemas disebabkan karena kurang darah karena terlalu banyak meminum air kelapa terlalu banyak atau terlalu sering mengonsumsinya.

3. Sering Buang Air Kecil

Air kelapa mempunyai sifat diuretik. Hal ini menyebabkan ibu hamil menjadi sering untuk buang air kecil, atau bahkan dehidrasi disebabkan karena kekurangan cairan.

4. Cairan Ketuban Berkurang

Lebih membahayakan, apabila ibu hamil meminum air kelapa secara rutin sampai menginjak trimester akhir. Seiring bertambahnya usia dalam kandungan, jumlah cairan ketuban memang menjadi semakin berkurang. Untuk itu, sebagian ibu hamil dianjurkan untuk menambah cairan. Akan tetapi, bukan dengan cara rutin mengonsumsi air kelapa. Sifat diuretik  yang terdapat dalam air kelapa ini bisa menjadikan ibu hamil menjadi buang air kecil lebih sering. Hal ini juga menjadi pemicu berkurangnya cairan ketuban yang bisa menjadi pelindung tubuh janin pada saat berada dalam kandungan.

Baca Juga  8 HP Lokal Murah Terkini 2021

5. Memicu Reaksi Alergi

Kelebihan yang terdapat dalam air kelapa muda juga dapat menjadi pemicu terjadinya reaksi alergi pada ibu hamil. Menurut data dari hasil penelitian yang diunggah pada Journal of Allergy and Clinical Immunology, kelapa umumnya merupakan kacang yang berada dalam pohon. Bentuk reaksi pertama yang sering timbul yakni gatal-gatal, sesak napas, sakit dalam tenggorokan, wajah merah, atau hingga dapat kehilangan kesadaran.

6. Meningkatkan Kadar Gula Darah

Sebuah penelitian yang berasal dari University of Kerala, air kelapa bisa jadi tidak termasuk dalam golongan minuman manis, namun tetap memiliki kandungan karbohidrat serta kalori. Ibu hamil dengan memiliki kadar gula darah tinggi wajib untuk mengurangi meminumnya. Intinya, air kelapa bukan merupakan carian yang dapat menggantikan air minum biasa seperti air putih. Walaupun terlihat begitu menyegarkan serta menyehatkan, air kelapa bisa mengakibatkan beraneka ragam masalah kehamilan apabila terlalu banyak untuk dikonsumsi.

Manfaat Mengonsumsi Air Kelapa Pada Saat Hamil

1. Sumber Hidrasi Yang Baik

Air kelapa memiliki kandungan elektrolit dengan kandungan air hingga menyentuh angka 95 persen. Artinya, minum air kelapa dapat menjadi penjaga untuk tubuh agar tetap terhidrasi selayaknya air putih biasa. Air kelapa juga lebih baik dibandingkan dengan minuman manis maupun jus dengan menggunakan tambahan gula dan juga perasa serta pewarna makanan. Ibu hamil juga memerlukan elektrolit supaya tubuh tidak menjadi lemas. Walaupun begitu, dokter kandungan selalu menganjurkan air putih untuk menjadi standar utama untuk melakukan pencegahan terhadap dehidrasi untuk ibu hamil.

2. Meredakan Mual

Pada saat hamil kondisi muda, gejala kehamilan misalnya mual serta muntah sering terjadi. Air kelapa dippercaya dapat meredakan gejala ini.

Baca Juga  Cara Membuka Usaha Minuman Boba

3. Menyegarkan Tubuh

Minum air kelapa dapat memberikan sebuah sensasi yang menyegarkan untuk tubuh, terutama apabila dikonsumsi dalam kondisi yang dingin. Ibu hamil dapat merasa segar kembali dengan mengonsumsi air kelapa setelah melakukan aktiviras sehari-hari atau seusai melaksanakan yoga/meditasi.

News Feed