by

Sayuran yang Cepat Panen dan Menguntungkan Bagi Para Petani

Sayuran yang Cepat Panen dan Menguntungkan Bagi Para Petani

Sayuran yang cepat panen dan menguntungkan memang banyak dicari dikalangan pecinta tanaman sayur. Oleh karena itu hal ini dapat menjadi usaha yang tepat dikarenakan sebagian besarwarga indonesia yang sangat menyukai sayur dan mengandung  banyak khasiat bagi tubuh manusia.

Sayuran yang Cepat Panen dan Menguntungkan Bagi Para Petani

1. Sayuran yang Cepat Panen dan Menguntungkan dengan Selada

Selada adalah salah satu komoditas hortikultura yang berpotensi menjadi bisnis yang tinggi, dikarenakan banyaknya permintaan pasar. Selada merupakan salah satu tanaman cepat panen yang hanya dalam jangka waktu 30-45 hari. Bahkan dengan metode budidaya hidroponik, masa panen bisa dipersingkat hanya dalam waktu 23 hari saja.

Peluang pasarnya selada sangat tinggi dan sangat laku, Sampai saat ini pun indonesia masih mengimpor selada. Bahkan impor selada di Indonesia mencapai 0,23 ton. Selain pembudidaya di dalam negeri yang sedikit dan harga jualnya juga mahal.

Tidak hanya itu saja, untuk pemula budidaya selada ini tidak memerlukan biaiya modal awal yang besar. Budidaya selada secara hidroponik bisa dilakukan dengan modal awal dengan jumlah sekitar 4-5 juta. Hanya dengan modal yang kecil dan waktu panen yang cepat Anda dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

2. Daun Bawang

Daun bawang merupakan salah satu tanaman yang seringkali disajikan di dalam makanan sebagai bahan pelengkap pada masakan. Dan ternyata, daun bawang juga termasuk ke dalam tanaman yang cepat panen, yaitu kisaran dari 55-75 hari. Dari segi kesehatan daun bawang ini mampu meningkatkan kesehatan kulit, pencernaan dan rambut.

Produktivitas daun bawang juga termasuk tinggi, dari 0.5 hektar bisa menghasilkan sampai 5-6.5 ton daun bawang. Bahkan dengan lahan 0.5 ha bisa menghasilkan omzet sebesar 25 juta sekali panen. Ini adalah omzet yang cukup besar. Nilai ini akan meningkat apabila Anda bisa menjaga agar tanaman terhindar dari hama dan merawat lebih baik lagi.

Baca Juga  Sekilas Fakta Unik Tentang Kopi Yang Perlu Diketahui

CV RUMAH MESIN menyediakan Mesin kompos sampah organik untuk membersihkan kompos sampah dan membuat lingkungan lebih bersih.

3. Sayuran yang Cepat Panen dan Menguntungkan dengan Sawi Putih

Sawi putih. Sayuran jenis ini sudah bisa dipanen dalam waktu kisaran 21-38 hari. Sawi putih juga sudah banyak dikenal sebagai sayuran favorit masyarakat indonesia dikarenakan khasiatnya dan memiliki manfaat banyak bagi tubuh manusia. Karena itu penjualan sawi putih dapat dilakukan dengan mudah karena memang permintaan pasarnya relatif tinggi. Selain itu harga jualnya juga pun lumayan tinggi kisaran antara Rp15.000-28.000 per kg nya.

Untuk Anda yang mempunyai kebun atau rumah di daerah dataran tinggi, maka budidaya sawi putih menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Apalagi dengan Anda tinggal di daerah Anda dapat memanfaatkan kondisi udara yang sejuk yang perkiraan (19-21°C) dan kelembaban (80-90%). Dengan kondisi lingkungan tersebut sangat mendukung pertumbuhan sawi putih sehingga dapat memberikan produktivitas yang tinggi.

Jika Anda mempunyai kebun atau rumah di daerah dengan kondisi tersebut, jangan ragu untuk mencoba menanam sawi putih dan membuka usaha.

4. Brokoli

Brokoli ini merupakan suatu usaha yang harganya relatif stabil tetapi panennya cepat. Sayuran brokoli ini dapat dipanen pada waktu 55-100 hari. Budidaya tanaman brokoli juga sangatlah mudah. Selain itu sayuran ini juga lumayan populer karena mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan seperti untuk diet, antioksidan tinggi dan mencegah osteoporosis.

Karena itulah brokoli sangat laris karena banyak wanita gemuk yang ingin diet dengan memakan sayur ini. Tak hanya wanita gemuk bahkan laki-laki gemuk pun sama.

Brokoli dikenal sebagai sayuran yang mahal dan memiliki harga yang tinggi di pasaran. Harga brokoli ini sekitar antara Rp 36.000-64.000 itu juga tergantung pada tempat penjualannya. Selain itu juga permintaan pasar brokoli yang memang tinggi. Hal ini terjai karena, sayuran ini dapat dipadukan dengan berbagai jenis makanan dan masakan yang ada di Indonesia.

Baca Juga  Resep dan Cara Membuat Mie Pangsit Simpel

News Feed