by

Tips mengurus Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK)

Izin Usaha Jasa Konstruksi yang disingkat IUJK adalah izin untuk lakukan usaha di bidang jasa konstruksi yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten / Kota. Izin ini merupakan izin paling utama bagi perusahaan yang dapat menjalankan kesibukan usaha pada lain Jasa Perencanaan Konstruksi, Jasa Pelaksana Konstruksi, Jasa Pengawas Konstruksi.

Izin ini kudu dimiliki Semua perusahaan jasa kontruksi diharuskan untuk membawa izin SIUJK ini, bersama syarat-syarat tertentu cocok bersama kapasitas permodalan Perseroan atau nilai proyek yang dapat dikerjakan oleh perseroan.

Untuk tiap tiap Perusahaan yang menghendaki mengakibatkan SIUJK ini, kalau perusahaan berikut tetap baru dan menghendaki begerak di bidang jasa kontruksi. Maka, cuma terdapat 2 pilihan SIUJK yang adan anda sanggup dapatkan, yakni (K1) Proyek Kecil dan (M1) Proyek Menengah.

Untuk perusahaan baru yang menghendaki mengurus SIUJK, cuma ada 2 pilihan klasifikasi yang dapat kita peroleh, yaiut (K1) Proyek Kecil dan(K2) Proyek Menengah. Namun bersamaan bersama kesibukan usaha konstruksi, kualifikasi perseroan dapat ditingkatkan cocok bersama pengalaman perseroan di bidang konstruksi.

Apabila yang kita memilih adalah (K1), contohnya. Maka Perusahaan kita kudu punya pengalaman tertentu supaya sanggup naik terhadap bagian level K2,K3 dan selanjutnya. Dokumentasikan pengalaman Anda – kontrak, notulen penyelesaian proyek – sebagai acuan LPJK untuk tingkatkan kualifikasi Anda di bidang jasa konstruksi.

Selanjutnya, perseroan terhitung kudu memilih besaran proyek yang dapat dikerjakan, apakah menghendaki menggarap proyek kecil (di bawah Rp 500 juta), proyek menengah (Rp 500 juta hingga Rp 10 miliar) atau besar- proyek berskala (diatas Rp 10 Milyar), hal ini benar-benar kudu direncanakan supaya tidak ada kesalahan dalam penyusunan Anggaran Dasar perusahaan yang nantinya dapat dituangkan dalam Akta Notaris perusahaan.

Baca Juga  Alam Sutera Hadirkan Weston Lane Business Home

Dalam hal ini LPJK sudah mengakibatkan kualifikasi perusahaan bersama nilai proyek: K1, K2, K3, M1, M2, B1, dan B2, atau terhitung terkait terhadap nilai modal disetor. Biasanya kontraktor lokal merasa dari kualifikasi K1, K2 sanggup CV, sedang kualifikasi K3, M1, M2, B1, dan B2 kudu PT (Perseroan Terbatas). Sedangkan untuk Perusahaan Kontraktor, dalam hal Penanaman Modal Asing (PMA), dibutuhkan kualifikasi B2.

 

Langkah dan Tahapan Dalam Memperoleh SIUJK

Langkah-langkah untuk mendapatkan Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) sanggup dibagi menjadi tiga tahap:

 

TAHAP 1: SERTIFIKASI AHLI (SKA) / TENAGA KERJA TRAMPIL (SKT)

Yang menjadi Pertanyaan, Apakah Anda memerlukan SKA atau SKT? Semuanya lagi lagi terhadap kualifikasi IUJK (Izin Usaha Kontruksi yg kita perlukan.

Jika Anda memulai bersama klasifikasi kecil (K1), Anda cuma kudu SKT. Para ahli cuma memeerlukan ijazah sekolah menengah atau STM.

Jika Anda memilih Klasifikasi SIUJK M1, misalnya, Anda memerlukan SKA. Anda kudu punya setidaknya seorang ahli sarjana. Berapa banyak sarjana yang Anda butuhkan – ini terkait terhadap berapa banyak bidang yang dapat Anda garap. Jika perusahaan Anda adalah seorang pemula, cuma 4 klasifikasi (bidang) dan cuma 4 sub-klasifikasi (sub-bidang) yang sanggup Anda kerjakan.

 

KLASIFIKASI

Klasifikasi yang ada (sesuai ketentuan baru Badan Pengembangan Jasa Konstruksi) adalah Bangunan, Bangunan Sipil, Instalasi Mekanikal dan Elektrikal, Jasa Pelaksana Lainnya, Jasa Pelaksana Spesialis, Jasa Pelaksana Keterampilan. Masing-masing klasifikasi ini tetap punya sub-klasifikasi. Maka dari itu, kita kudu memilih klasifikasi beserta sub-klasifikasi yang mana kita dapat jalankan.

Badan Pengembangan Jasa Konstruksi sudah menerbitkan klasifikasi dan subklasifikasi lengkap bersama kode izin usaha jasa konstruksi.

 

JUMLAH SKA YANG DIPERLUKAN?

Baca Juga  Harga Cooker Hood Rinnai Terbaik Murah, Ini Cara Mendapatkannya!

Jumlah SKA yang diperlukansemuanya sepenuhnya lagi lagi terhadap seberapa banyak bidang yg dapat kita garap. Bila Anda menghendaki memilih 4 bidang, setidaknya Anda memerlukan 5 SKA. Tapi kalau perusahaan Anda memilih tipe kualifikasi M1, tentunya Anda kudu membawa 1 SKA penanggung jawab teknik berikut 4 penangjungjawab dalam klasifikasi (bidang).

Jika perusahaan Anda cuma mengerjakan 3 klasifikasi, maka Anda memerlukan 4 SKA: 1 orang penanggung jawab teknik, 3 orang penanggung jawab klasifikasi.

Seluruh SKA diwajibkan untuk pelatihan yang sudah ditetapkan oleh asosiasi prodesi terkait, kemudain lakukan wawancara atau mengerjakan karya ilmiah yang cocok terhadap bidang yg sudah mereka menentukan pada mulanya dalam rangka mendapatkan sertifikasi Tenaga Ahli (SKA)

 

SYARAT UNTUK SKA

-S1 Jurusan Teknik dan Pertanian
-Isi Formulir Keanggotaan
-Fotocopi Izasah S1
-Fotocopi KTP
-Pasfoto 3×4 (4 Lembar)
-NPWP

Biasanya sanggup hingga 1 bulan. Pada tahapan awal, tenaga ahli dapat lakukan training & Interview. Jika hasilnya lulus, asosiasi dapat mendaftarkan tenaga ahli terhadap LPJK atau Lembaga Pengembangan Jasa Kontruksi. Setelah itu, sertifikasi dapat dikeluarkan oleh LPJK cocok bidang yg dipilih.

 

TAHAP 2: SERTIFIKASI BADAN USAHA

Ketika anda sudah memdapatkan sertifikasi SKA, langkah seterusnya adallah pengurusan sertifikasi Badan Udaha (SBU). Dalam pengurusan SIUJK SBU ini, kita terhitung diwajibkan untuk bergagabung bersama keliru satu asosiasi yang sudah tercatat di LPJK.

Kemuadian kita kudu membayar sejumlah cost dalam pengurusan SBU yang cocok bersama bidang yg dikerjakan. Ada sebagian dokumen yang kita kudu lengkapi untuk mendapatkan SBU ini. Waktu yang dibutuhkan dalam pengurusan SBU ini kebanyakan satu bulan.

 

SYARAT UNTUK SBU

-Akta Pendirian Bisnis (PT atau CV)
-Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Pengesahan)
-Domisili bisnis
-Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPWP)
-Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
-Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
-Pengusaha Kena Pajak (PKP)
-Neraca & Laporan Keuangan Perusahaan
-Sertifikat Keterampilan (SKT) / Sertifikat Keahlian (SKA)
-Kartu Anggota Asosiasi (KTA)
-KTP Pengurus Perusahaan
-Kartu Keluarga Penanggung Jawab Perusahaan
-Foto 4×6 4 lembar

Baca Juga  Macam Macam Jenis Usaha Jasa Service

-Struktur organisasi

TAHAP 3: SIUJK

Jika Anda sudah punya SKA dan SBU, maka Anda sanggup mengurus Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) ke pemerintah tempat terkait.

 

PERSYARATAN SIUJK?

Berikut ini adalah dokumen yang diperlukan:

-Akta Pendirian Bisnis (PT atau CV)
-Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Pengesahan)
-Domisili bisnis
-Sertifikasi Bada Usaha (SBU)
-Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPWP)
-Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
-Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
-Pengusaha Kena Pajak (PKP)
-Sertifikat Keterampilan (SKT) / Sertifikat Keahlian (SKA)
-Pas Foto Ukuran 4×6 (2 lmbr)
-KTP Pengurus Perusahaan

News Feed