by

Tips Menyimpan Sayuran DiDalam Kulkas

Tips Menyimpan Sayuran Di Dalam Kulkas

Tips menyimpan sayuran di dalam kulkas. Sayuran merupakan salah satu makanan pokok yang bagus untuk kesehatan tubuh. Tidak heran kalau orang-orang selalu menyediakan stok sayuran di rumahnya. Namun, jika membeli dalam jumlah banyak, Anda perlu menyimpannya dengan benar agar sayuran tidak mudah rusak. Lalu, bagaimana cara menyimpan sayuran di kulkas agar dapat lebih tahan lama?

Tips Menyimpan Sayuran Di Kulkas

1. Memilih bagian sayuran

Pertama-tama, hal yang harus Anda lakukan adalah memilah sayuran yang Anda beli. Jika Anda menemukan bagian yang rusak atau mulai menguning, segera potong bagian tersebut dan pisahkan dari sayuran yang masih bagus.

Bagian yang rusak dapat menjalar ke area lainnya sehingga sayuran jadi cepat busuk. Selain itu, Anda juga harus memisahkan sayuran dengan buah-buahan. Kandungan zat etilen dalam buah dapat mempercepat kematangan sayuran di sekitarnya. Inilah yang membuat sayuran menjadi lebih cepat rusak atau busuk.

2. Cuci bersih sebelum disimpan

Setelah Anda memilah sayuran, cucilah sampai bersih menggunakan sabun dan air mengalir. Pastikan Anda menggunakan sabun antibakteri agar sayuran benar-benar bersih dan terbebas dari bakteri. Setelah itu, pastikan sayuran sudah kering sebelum Anda masukkan ke dalam kulkas agar tetap segar.

3. Usahakan tidak memotongnya terlebih dahulu

Pasti Anda pernah melihat sayuran atau buah yang menjadi hitam setelah dipotong dan masuk ke kulkas, bukan? Bila ini yang sering Anda lakukan, segera hentikan kebiasaan ini ya, Ruppers!

Bila Anda memotongnya terlebih dahulu, sayuran dan buah yang Anda simpan di dalam kulkas lebih cepat kering dan membusuk. Untuk sayuran, Anda hanya perlu memotong  bagian akar agar lebih bersih.

Baca Juga  Ide Jualan Minuman Kekinian Modal Kecil Dengan Keuntungan Bombastis

4. Bungkus dengan jaring buah atau kertas tisu

Sayuran yang disimpan dalam kulkas tetap membutuhkan oksigen untuk dapat bertahan. Untuk itu, lebih baik bungkus sayuran dengan menggunakan jaring buah atau kertas tisu. Cara ini dapat membuat  sayuran lebih mudah mengakses udara. Sedangkan kertas tisu dapat menyerap suhu kulkas.

5. Rutin memeriksa suhu kulkas

Suhu terbaik untuk menyimpan sayuran di kulkas adalah pada 1 hingga 4 derajat celcius. Untuk itu, pastikan Anda selalu memeriksa suhu kulkas agar tetap stabil. Jika kulkas kurang dingin, maka bakteri akan mudah berkembang dan dapat cepat merusak sayuran yang disimpan di dalam kulkas.

6. Gunakan wadah penyimpanan

Agar kulkas terlihat lebih rapi, Anda bisa menyimpan sayuran di dalam wadah terlebih dahulu sebelum menyimpannya ke dalam kulkas. Namun, perlu diperhatikan, untuk wadah tertutup, Anda hanya dapat menyimpan sayuran yang memiliki batang keras, seperti wortel, brokoli, atau jagung. Sedangkan wadah tanpa tutup, bisa Anda gunakan menyimpan jenis sayuran hijau, seperti kale, lettuce, dan lain-lain.

Pastikan Anda selalu mencuci bersih sayuran yang akan Anda simpan. Kemudian, letakkan kertas tisu di dalam wadah sebagai alas agar sayuran tetap segar.

7. Ketahui ketahanan sayur di kulkas

Setiap sayuran memiliki daya tahan yang berbeda di dalam kulkas. Untuk itu, Anda perlu memeriksaan sayuran secara rutin.  Agar sayuran tidak terbuang percuma, simak  ketahanan dari sayuran dan buah-buahan yang disimpan di dalam kulkas berikut ini:

  • Sayuran berdaun hijau: 3-5 hari
  • Sayuran hijau tanpa daun: 5-7 hari
  • Buah-buahan: hingga 2 minggu
  • Sayuran umbi dan akar: hingga 3 minggu
  • Sayuran batang dan rempah: hingga 2 minggu

Diatas adalah beberapa cara untuk menyimpan sayuran didalam kulkas, dengan beberapa cara diatas, diharapkan para pembaca sekalian mengerti akan cara menjaga kualitas dari sayur sayuran disimpan didalam kulkas. Serta sudah diberi keterangan berapa lamanya jenis jenis sayuran dan buah buahan dapat bertahan di dalam kulkas.

Baca Juga  Usaha Briket Arang Batok Kelapa

News Feed